PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SMA NEGERI 1 SEPAUK KABUPATEN SINTANG

Edy Susanto, Ahmad Tohardi, Ari Juliana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, dukungan, pengontrol dan mediator dalam meningkatkan prestasi belajar pada SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriftif. Metode ini digunakan sebagai upaya untuk mencari informasi sedalam-dalamnya mengenai peran komite sekolah melalui studi dokumen, wawancara, dan observasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komite sekolah di SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang telah melaksanakan perannya sebagai pemberi pertimbangan, dukungan, pengontrol dan mediator dengan baik. Komite sekolah juga terlibat dalam membantu pelaksanaan kegiatan/program sekolah. Komite sekolah diharapkan terus menjadi penghubung yang baik antara sekolah, orang tua siswa dan masyarakat. Karena hubungan yang baik akan menciptakan kerjasama dan meningkatkan peran aktif orang tua siswa dan masyarakat dalam membantu sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: Komite Sekolah, Prestasi Belajar, Siswa


ABSTRACT

This study aims to explain the role of the school committee as a giver of consideration, support, controller and mediator in improving learning achievement at SMAN 1 Sepauk, Sintang Regency. The method used in this study is a qualitative method with a descriptive analysis approach. This method is used as an attempt to find as much information as possible about the role of the school committee through document studies, interviews, and observations.

The results of this study indicate that the school committee at SMA Negeri 1 Sepauk, Sintang Regency has carried out its role as a giver of consideration, support, controller and mediator well. The school committee is also involved in assisting the implementation of school activities/programs. The school committee is expected to continue to be a good liaison between the school, parents and the community. Because a good relationship will create cooperation and increase the active role of parents and the community in helping schools to improve student achievement.

Keywords: School Committee, Learning Achievement, Students.


Keywords


Komite Sekolah, Prestasi Belajar, Siswa

Full Text:

PDF

References


Cindy. (2016). Metode Penelitian Pendidikan.

Dike, D., & Parida, L. (2019). Hexagonal management kelas dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 35–49. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23268

Dike.D, & Parida L. (2020). The micro leadership strategy of the principal to implementing character education in elementary school. Prima Edukasia, 8(1), 50–62. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/29920

Parida, L.,Sirilus. S., & Dike. D, (2019). Pola kepemimpinan kepala sekolah dalam penguatan karakter di sekolah dasar kota sintang kalimantan barat. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9159

Machali, I. (1970). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Moleong, L. . (2002). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. . (2012). Manajemen

pendidikan karakter / H.E. Mulyasa; Editor: Dewi Ispurwanti.

Mustadi, A., Zubaidah, E., & Sumardi, S. (2016). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 312–321. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10578

Ozkan, S. (2015). Evaluating learning management systems : Hexagonal e-learning assessment (HELAM). European and Mediterranean Conference on Information Systems, European a(January 2008), 1–17. https://www.researchgate.net/publication/237325850_Evaluating_learning_management_systems_Hexagonal_e-learning_assessment_model_HELAM

Parida, L & Dike, D. (2019). Optimalisasi manajemen kelas melalui otoritas guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa (JPDP) (Vol. 5, Issue 1). Prodi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.356

Ruhana, I., Bisnis, J. A., & Ub, F. (2012). PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA VS DAYA SAING GLOBAL. PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 6(1).

Samsidar, D. (2018). Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.364

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif - Prof. Dr. Conny R. Semiawan - Google Buku. Grasindo, 168.

Setiawati, F. (2020). Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(1), 57–66. https://doi.org/10.52030/attadbir.v30i01.31

Siyoto, S., & Sodik, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak, 54–68.

Umrati, ‎Hengki W. (2020). Analisis Data Kualitatif. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2886

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.