PERAN GURU DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI
Abstract
ABSTRAK
Usia dini merupakan kesempatan emas bagi para orang tua dan pendidik untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan pada anak. Salah satu aspek yang harus distimulasi adalah kemampuan motorik kasar. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pemberian stimulasi tersebut. Penelitian bertujuan untuk meneliti tentang peran guru dalam menstimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjabarkan secara menyeluruh dan mendalam tentang kondisi objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki beberapa peran, yaitu sebagai pengajar, fasilitator, motivator, evaluator, model atau teladan yang baik, dan peran dalam pengadministrasian. Tentunya peran yang berfungsi dengan baik akan memberikan dampak positif, diantaranya akan sangat membantu tumbuh kembang anak.
Kata Kunci: Anak usia dini, Motorik kasar, Peran guru, Stimulasi, Tumbuh kembang anak
ABSTRACT
Early childhood is a golden opportunity for parents and educators to develop various aspects of children development. One aspect that must be stimulated is gross motoric skills. The teacher has an urgent role in the process of providing this stimulation. This objective of the study is to examine the role of teachers in stimulating gross motor skills in early childhood. This research is a qualitative research, which aims to describe thoroughly and deeply about the condition of the object of research. The result shows that the teacher has several roles, such as a teacher, facilitator, motivator, evaluator, role model, and has a role in administration. Definitely, an appropriate functioning role will have a positive impact, including assisting a great children's growth and development.
Keywords: Early childhood, Gross motor skills, The role of teacher, Stimulation, Child growth & development
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cristianti,M. 2012. Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1 (1), hal. 112 – 122.
Christina, A. 2018. Tuntas Motorik Investasi Sepanjang Hayat. Sidoarjo: Filla Press.
Darmadi, H. 2015. Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13 (2), hal. 161 - 174.
David L. Gallahue. 1989. Understanding Motor Development Infants, Children, Adolescents Second Edition. USA: Benchmark Press.
Decaprio, R. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Direktorat PAUD. TT. Peraturan menteri Pendidikan Nasional Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendiknas.
Fikriyati, M. 2013. Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Yogyakarta: Laras Media Prima.
Firdaus, A., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. 2018. Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Senam Ritmik. Jurnal UIN, 1 (1), hal. 25-39.
Fitri, A & Ismet, S. 2019. Kegiatan Penngembangan Motorik Kasar. Jurnal Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), hal. 13–25.
Gallahue, D. 1984. Understanding Motor Development Infants, Children, Adolescents Second Edition. USA: Benchmark Press.
Koshy, V. 2005. Action Research For Improving Practice, A Practical Guide. London: Paul Chapman Publishing.
Lutan, R. 1988. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori, dan Metode. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1988.
Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. 2009. Perkembangan Manusia Edisi Kesepuluh, Terjemahan oleh Brian Marswendy. Jakarta: Penerbit salemba Humanika.
Pranoto, N. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Kasar Siswa Taman Kanak-kanak Kelompok A. Jurnal Keolahragaan, 4 (2), hal. 186–195.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cet.V. Bandung: Alfabeta.
Sage, G. 1984. Motor Learning and Control A Neuropsychological Approach. USA: Wm. C. Brown Publishers.
Sujiono, dkk. 2015. Materi Pokok Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2898
Article Metrics
Abstract view : 97 timesPDF - 35 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.