PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS EMPAT PILAR PENDIDIKAN MELALUIOUTDOOR–INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BEKERJA ILMIAH PADA MATERI MOMEN GAYA, FLUIDA, DAN KESEIMBANGAN STATIS DI IKIP PGRI PONTIANAK

Lukman Hakim, Suparmi Suparmi, Mohammad Masykuri

Abstract


Empat pilar pendidikan dalam pembelajaran fisika yang tercantum dalam kurikulum 2006 perlu diperhatikan, namun dalam kurikulum tersebut tidak dijelaskan bagaimana penjabarannya. Keterbatasan sarana laboratorium juga menjadi kendala dalam mendukung pembelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran (LKM, SAP dan Buku Dosen) dan untuk mengetahui profil pembiasaan bekerja ilmiah dengan perangkat  pembelajaran fisika yang berbasis empat pilar pendidikan melalui kegiatan luar ruangan (outdoor-inquiry). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan perangkat pengembangan pengajaran Dick & Carey. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan melalui uji coba bertingkat pada perangkat pembelajaran serta mengevaluasinya. Evaluasi dilakukan pada masing-masing pilar, pilar learning to do diungkap melalui pensekoran pada isian LKM, pilar learning to know dilihat dari hasil tes pemahaman konsep, pilar learning to live together diungkap melalui pengamatan selama kegiatan dan pilar learning to be diungkap melalui peningkatan ketiga pilar lainnya selama pelaksanaan tiga LKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran dapat dilakukan melalui uji coba bertingkat secara individu, kelompok kecildan kelompok besar. Profil ketrampilan proses sains mahasiswa (learning to do) meningkat pada pelaksanaan LKM 01, LKM 02 dan LKM 03 dengan gain 0,29 dan 0,38. Pemahaman konsep mahasiswa (learning to know) meningkat pada pelaksanaan LKM 01, LKM 02 dengan gain 0,10 tetapi menurun pada pelaksanaan LKM 03 dengan gain- 0,09. Kemampuan bekerja kelompok mahasiswa (learning to live together) meningkat dengan gain 0,14 dan 0,50. Pembiasaan bekerja ilmiah (learning to be) meningkat dengan gain 0,18 dan 0,23. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pengembangan perangkat dapat dilakukan   melalui   uji   coba   bertingkat   dan   hasil   penerapan   perangkat   dapat menunjukan kecenderungan  pembiasaan bekerja ilmiah pada  diri mahasiswa  mulai tumbuh. Respon sikap mahasiswa terhadap perangkat pembelajaran secara umum baik dan sangat baik.

 

Kata Kunci: Empat pilar pendidikan, Outdoor – Inquiry, kebiasaan bekerja ilmiah

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S.2006. Pengembangan Program Perkuliahan Fisika Dasar Berbasis Inkuiri Bagi Calon Dosen Fisika. Bandung: Pikiran Rakyat

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Chipman G, Druin A, Guha M.L , Fails J.A, and Churaman W. 2004. Collaborative Creation of Knowledge Arifats in anOutdoor Environment for Young Children. University of Maryland

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Fisika SMA dan MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 24/2006 tentang pelaksanaan Permendiknas No. 22 dan 23/2006. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Elby, A. 2001. Helping physics students learn how to learn. Phys. Educ. Res., Am.J. Phys. Suppl. 69(7): S54-S64.

Heuvelen, A.A. 2001. Millikan Lecture 1999: The Workplace, Student Minds, and Physics Learning Systems.Am. J. Phys. 69(11):1139-1146.

Holubova R. 2005. Environmental Physics: Motivation in Physics Teaching and Learning. Journal Physics Teacher. Education Online, 3(1): 17-20

McDermott, L.C. et al. 1996. Physics by Inquiry. Volume I & II. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Penwell, R. 2004. Advance Placement Environmental Science: Implication of Gender and Ethnicity. Electronic Journal of Science, 8(3)

Popov, O. 2006. Developing Outdoor Activities and a Website as resources to Stimulate Learning Physics in Teacher Education.Journal Physics Teacher. Education

Online,3(3),18-23

Retno, D.S., Rustaman, N.Y., Arifin, M., Martoprawiro, M.A. 2006. Pengembangan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia. Makalah Seminar Nasional MIPA dan Pendidikan MIPA. Semarang: Unnes

Savinainen,A. andScott,P. 2002a.TheForceConceptInventory:atoolfor monitoring student learning.PhysicsEducation. 37 (1):45-52

Savinainen, A. and Scott, P. 2002b. Using the Force Consept Inventory to monitor student learning and to plan teaching.Physics Education. 37 (1):53-58

Wenning, C.J, 2005a, Level of Inquiry: Hierarchies of pedagogical practice andInquiry Processes. Journal Physics Teacher. Education Online, 2(3), 3-11

Wenning, C.J, 2005b, Implementing inquiry-based Instructionin the Science Classroom: A New Perangkat for Solving the Improvement of practice Problem. Journal Physics Teacher. Education Online, 2(4), 9-15

Wenning, C.J, 2007, Assesing Inquiry Skill as Component of Scientific Literacy.Journal Physics Teacher. Education Online, 4(2),21-24.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v9i1.36

Article Metrics

Abstract view : 1343 times
PDF - 904 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.