PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Imanuel Sairo Awang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan keterpaduan perangkat pembelajaran berupa SSP Mata Pelajaran IPA yang dapat mengembangkan karakter peserta didik kelas 2 sekolah dasar, meliputi karakter cinta kepada Tuhan YME, jujur, dan peduli. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Subjek uji coba berjumlah 90 peserta didik terdiri dari 20 peserta didik SD Puren Yogyakarta pada uji coba terbatas sedangkan subjek uji coba lapangan adalah peserta didik SD Caturtunggal IV Yogyakarta dengan satu kelas kontrol sebanyak 35 peserta didik dan satu kelas eksperimen sebanyak 35 peserta didik. Hasil penelitian ini berupa SSp yang meliputi: silabus, RPP, buku ajar, LKPD, dan lembar penilaian. Hasil uji coba menunjukkan bahwa SSP yang dikembangkan dinyatakan layak serta memenuhi kriteria efektif dalam mengembangkan karakter peserta didik. Pembelajaran dengan SSp yang dikembangkan mampu mengembangkan karakter cinta Tuhan YME, jujur, dan peduli.


Full Text:

PDF

References


Prasetyo, Z. K., Djukri, Jumadi, Senam, Putu Suryadharma. (2010) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Lima Domain Sains Untuk Menenamkan Karakter Siswa SMP. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan "Peranan Budaya dan Inovasi Pembelajaran dalam Pemantapan Pendidikan Karakter" di Universitas Negeri Yogyakarta.

Skagss, G., & Bodenhorn, N. (2006). Relationships between implemting character education, student behavior, and student achievement (versi Electronik). Journal of advanced Academic. 18, 82-114.

Suprihatiningrum, J., (2010). Penerapan Subject Specific Pedagogy (SSP) sains SD kelas 5 sengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa. Tesis magister, tidak diterbitkan, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., % Semmel, M.I. (1974). Instructional development for training techers of exceptional children A sourcebook. Bloomington Indiana: Indiana University.

Van Driel, J. H., Verloop, N., & de Vos, W., (1998). Developing Science Teachers' Pedagogical Content Knowledge (Versi Elektronik). Journal of Research in Science Teaching. 35, 673-695.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v3i1.436

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.