PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU MATERI PELAKU UTAMA DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA

Emilia Dewiwati Pelipa, Marselinus Toni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu materi pelaku utama dalam perekonomian Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 1 Kalis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian studi eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental (eksperimen murni) bentuk desainnya yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP berjumlah 85 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Dari keseluruhan populasi, diambil sejumlah 28 siswa untuk kelas kontrol dan 28 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu digunakan dalam pengumpulan data di lapangan adalah teknik pengukuran, teknik observasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung, dan teknik studi dokumentasi. Alat yang hasil penelitian yaitu tes terulis, angket dan lembar observasi. Uji statistik parametrik dalam penelitian ini menggunakan rumus uji tes “t” atau “t” test untuk dua sampel kecil yang saling berhubungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu materi

Full Text:

PDF

References


Abasiyah, N. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe A Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pokok Bahasan TindakanMotif dan Prinsip

Vox Edukasi Vol 4, No 1 April 2013 Pelipa & Toni, Pengaruh Penerapan Model ... 45

Ekonomi: Skripsi Program Studi PendidikanEkonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang: Tidak Diterbitkan.

Adji, W.E.P, dkk. (2007). IPS Terpadu Untuk SMP/MTS Kelas VIII. Semarang: Aneka Ilmu.

Apriyani, K. (2012). Pengaruh Metode Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kebutuhan Manusia (Studi Eksperimen Di SMA Negeri 3 Sintang Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang: Tidak Diterbitkan.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

__________. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmara, H.U. (2011). Penulisan Karya Ilmiah. Pontianak: Fahruna Bahagia.

Feryanto, A, dkk. (2011). PR IPS TERPADU Untuk SMP/Mts Kelas VIII Semester 1. Klaten: Intan Pariwara.

Hasan, I. (2010). Analisis Penelitian Dengan Data Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, M dan Suhana, C. M. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad, A. dan Haris, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Octavia. (2013). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. (Online). Tersedia: http://dillaoctavia.blogspot.com/2013/04/metode-pembelajaran-kooperatif-tipe.html (Diakses: 1 Juni 2013).

Priyatno, D. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karlyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Vox Edukasi Vol 4, No 1 April 2013 Pelipa & Toni, Pengaruh Penerapan Model ... 46

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

_________. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_________. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

_________. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning. Bandung: Pustaka Pelajar.

Sutikno, S. M. (2009) Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia BuanaPustaka.

Satori, D. dan Komariah, A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

________.(2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.Jakarta: Prestasi Pustaka.

Taniredja, dkk. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Wahab, A.A. (2009). Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan

Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v4i1.441

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.