MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA UNTUK SEKOLAH DASAR

Isma Nastiti Maharani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan konsep siswa terhadap konsep perkalian dan konsep pembagian dalam pembelajaran tematik siswa kelas II SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development), dengan model pengembangan menggunakan model pengembangan Borg & Gall dan langkah pengembangan bahan ajar dari Dick & Carey. Tahap-tahap yang sudah dimodifikasi dalam penelitian dan pengembangan adalah; (1) Tahap Studi Pendahuluan, (2) Tahap Pengembangan Model, dan (3) Tahap Ujicoba serta Revisi Produk, Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar tematik untuk siswa kelas II di SDN Harapan 1 Bandung yang teruji kelayakannya dan keunggulannya untuk meningkatkan penguasaan konsep perkalian dan pembagian pada pembelajaran tematik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan kondisi pembelajaran tematik, 2) Menghasilkan model pengembangan bahan ajar yang dapat meningkatkan penguasaan konsep, 3) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan bahan ajar untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Pengembangan bahan ajar ini efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji t yang membedakan penguasaan konsep subyek penelitian sebelum dan sesudah implementasi bahan ajar, dengan thitung = 13,28 yang lebih kecil dari harga ttabel (α = 0,05 dan dk = 29) = 50,1. Disamping itu keefektifan bahan ajar terhadap pembelajaran tematik dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest siswa yang mana nilai rata-rata posttest (Mean = 82,3; Standard Deviation = 15,12) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest (Mean = 49,6; Standard Deviation = 10,67). Secara keseluruhan, bahan ajar matematika yang dikembangkan sudah dapat dikatakan dapat meningkatkan penguasaan konsep perkalian dan konsep pembagian siswa kelas IIA di SDN Harapan 1 Bandung.

 

Kata Kunci :  Bahan Ajar Matematika, Penguasaan Konsep, Operasi Bilanga


Full Text:

PDF

References


Bello, H., & Aliyu, U. (March, 2012). Effect of 'Dick and Carey Instructional Model' on the Performance of Electrical/ Electronics Technology Education Students in some Selected Concepts in Technical Colleges of Northern Nigeria. International Research Journals , 3 (3), 277-283.

Dick, W., & Carey, L. (1990). The Systematic Design of Instruction. Illinois: Scott, Foresman and Company.

Indrawati, D., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Media Travel Game untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas V. Jurnal Prima Edukasia , 1 (2), 135-146.

Mufida, Mila. (2010). Tujuan Pembelajaran Matematika SD (online), https://www.scribd.com/doc/44882666/Tujuan-Pembelajaran-Matematika-Sd, diakses pada tanggal 8 Desember 2014.

Baderan, A. K. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Model Pembelajaran Langsung pada Pokok Bahasan Bangun Datar di Kelas V SDN 9 Limboto Barat. Jurnal Pendidikan Matematika , 1-12.

Somayasa, W., Natajaya, N., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan Modul Matematika Realistik disertai Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha , 3.

Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Roosilawati, Erwin. (2013). Karakteristik Kemampuan Bernalar Dan Memacahkan Masalah Peserta Diklat Peningkatan Kompetensi Guru Kelas Sekolah Dasar (online), https://www.facebook.com/DinamikaGuruSD.kalimnuryatigoblok/posts/648609031848823, diakses pada tanggal 8 Desember 2014




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v8i1.54

Article Metrics

Abstract view : 5007 times
PDF - 3020 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.