MIE INSTAN DARI KERUPUK BASAH

Sirilus Sirhi, Amilia Lindi Pramita, Thomas Joni Verawanto Aristo

Abstract


Kerupuk Basah atau 'Temet' dalam bahasa Kapuas Hulu merupakan makanan olahan dari ikan yang hanya ditemui di sungai Kalimantan Barat. Kuliner ini memang cukup asing ditelinga orang Indonesia namun di Kalimantan Barat sendiri merupakan cemilan yang menjadi primadona karena rasanya yang gurih dan nikmat. Tujuan dari pembuatan produk ini agar kerupuk basah dapat lebih dikenal secara nasional serta membantu pertumbuhan ekonomi di kabupaten Kapuas Hulu karena produk ini cukup berpotensi akan menjadi makanan favorit baru di Indonesia. Namun produk ini tidak hanya kami kenalkan sebagai kerupuk basah yang sedari awal menjadi primadona makanan di masyarakat kabupaten Kapuas Hulu, melainkan kami modifikasi dengan melahirkan produk baru yakni kerupuk basah yang kami jadikan sebagai mie instan. Untuk pembuatan mie instan dari kerupuk basah ini di Desa Pangeran Kecamatan Silat Hilir masih melakukan pembuatan secara manual atau tradisional sehingga pada saat ini masih perlu pedampingan serta pelatihan dalam pembuatan. Masyarakat setempat juga belum mengetahui bahwa kerupuk basah bisa diolah menjadi mie instan sehingga membantu perekonomian masyarakat sebagai bidang usaha.

 

Kata Kunci : Mie Instan, Kerupuk Basah


Full Text:

PDF

References


Canti, Meda, dkk. 2020. Karakteristik Mi Kering Substitusi Tepung Terigu dengan Tepung Labu Kuning dan Tepung Ikan Tuna. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan. 181-187. https://doi.org/10.17728/jatp.6801

Ernawati, Cici. 2020. Eksistensi Kerupuk Basah Sebagai Kuliner Kabupaten Kapuas Hulu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Antropologi (SENAPSA). Vol 1. 133-141. ISSN:2716-3024.

Gusriadi, Depri, dkk. 2014. Peningkatan Gizi Mi Instan dengan Penambahan Tepung Ikan Patin (Pangasius hypophthalmus). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Riau.


Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.