PELATIHAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS EDUTAINMENT BAGI GURU SDN 1 RAWAK HULU

Imanuel Sairo Awang, Eliana Yunitha Seran, Gabriel Serani

Abstract


Media pembelajaran menjadi unsur penting dalam menunjang daya serap seorang siswa. Tanpa bantuan media, maka materi pembelajaran sukar untuk dicerna dan dipahami oleh siswa. Penggunaan media pembelajaran semakin dibutuhkan saat diberlakukan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena adanya pandemi Covid-19. Keberadaan media pembelajaran yang menyenangkan dan menghibur menjadi sesuatu yang dibutuhkan siswa dalam menjalankan pembelajaran dari rumah. Media pembelajaran yang menghibur dan menyenangkan  disebut dengan edutainment. Keberadaan media pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1 Rawak Hulu yang mendukung guru dalam melaksanakan PJJ masih sangat minim, bahkan guru hanya mengandalkan media konvensional. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan perancangan media interaktif berbasis edutainmen bai guru-guru di SD Negeri 1 Rawak Hulu. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 30 orang guru yang mengajar pada SD Negeri 1 Rawak Hulu. Pada tahap ini dilaksanakan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif dalam bentuk video. Terdapat dua bagian utama dalam tahapan ini yakni bagian pertama berupa pemberian materi singkat, serta bagian kedua adalah pelatihannya. Pada bagian kedua, pelatihan diawali dengan proses merekam suara (dan gambar) yang isinya tentang penjelasan materi. Setelah itu, dilakukan proses pengembangan materi sekaligus editing menggunakan aplikasi kinemaster. Langkah berikutnya adalah review kembali isi video, setelah dinyatakan layak, selanjutnya direndering sehingga menjadi file video utuh yang siap dibagikan kepada siswa Peserta pelatihan ini memberikan respon yang positif pada pelaksanaan kegiatan pelatihan, media interaktif berbasis edutaimen dinilai sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada masa pembelajaran tatap muka terbatas seperti saat ini, karena penggunaan media video yang diunggah di media sosial dapat ditonton berkali-kali oleh siswa di rumah.

 

Kata kunci: Media Interaktif, edutainment


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Gomes, Faustino Cardoso. (2003) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Andi Offset.

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Portanata, L., Lisa, Y., dan Awang, I.S. (2017). Analisis pemanfaatan media pembelajaran IPA SD. Jurnal pendidikan dasar perkhasa, 3(1) p 337-348.

Tilaar, H. A. . (2013). Media Pembelajaran Aktif. Nuansa Cendekia.

Usman, A. (2014). Media Pembelajaran. Ciputat Pers.

Seran, E. Y., Serani, G., & Awang, I. S. (2021). Bimbingan Teknis Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Edutaimen pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Peduli Masyarakat, 3(4), 465-472.

Zurnali, Cut. (2004) Pengaruh Pelatihan Terhadap Perilaku Produktif karyawan. Bandung: Mandar Maju.


Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.