BIMBINGAN PEMBUATAN GELANG MANIK PADA SISWA SLBN PEMBINA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR 2023

Afdal Afdal

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa melalui kegiatan meronce, yaitu membuat gelang manik dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di SLBN Pembina Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil observasi pada siswa mengalami peningkatan dari hasil siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I pertemuan pertama rata-rata nilai yaitu 67 dengan persentase ketuntasan 0%, pada siklus I pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 72,8 dengan persentase ketuntasan 50%, Pada siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata 78 dengan persentase ketuntasan 66%, Pada siklus II pertemuan kedua rata-rata yaitu 81 dengan persentase ketuntasan 83%.

 

Kata Kunci : Bimbingan, Pembuatan, Gelang Manik


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Al-Tabany, T. I. B. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Dan Kontekstual. Jakarta: PRENAMEDIA GROUP.

Aqib, Z. (2017). Penelitian Tindakan Kelas TK/RA-SLB/SDLB. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Darmadi, H. (2015). Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: ALFABETA.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Elfachmi, A. K. (2016). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Fathurrohman. (2015). Model - Model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Garnida, D. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusi. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamzah, B. U. (2006). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hendriana, H. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.

Khuluqo, I. El. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode Dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, I. (2017). Lebih Memahami Konsep Dan Proses Pembelajaran Implementasi Dan Praktek Dalam Kelas. Jakarta: Kata Pena.

Maolani, R. A. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Maryati, S., & Santosa, B. (2015). Pengalaman Di Sekolah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar.

Mustofa Bisri. (2015). Psikologi Pendidikan Pendekatan Orientasi Dan Perspektif Baru Sebagai Landasan Pengembangan Strategi Dan Proses Pembelajaran (Teori Dan Praktif). Yogyakarta: Parama Ilmu.

Permendikbud.2015. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan

Pratiwi, R. P., & Murrtiningsih, A. (2013). Kiat Sukses Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudiyanto, Tyas, H. A., & Himawan. (2007). Kreasi Seni Budaya dan Keterampilan. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Elgensindo.

Sardiman. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sumantri, S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31932/jppm.v2i1.2214

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF - 270 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.