MENGAJARKAN ANAK MEMBACA DENGAN PERMAINAN
Abstract
Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan melalui permainan sehingga dapat meningkatkan hasil keterampilan membaca siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IA, IB, dan IC SD Negeri 7 Sintang yang berjumlah 99 siswa. Metode kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini menggunakan metode ceramah, pelatihan dan simulasi. Penilaian capaian PKM ini menggunakan instrumen, berupa soal pretest dan post test yang dibagikan sebelum dan sesudah kegiatan. Pencapaian PkM pelatihan membaca ini berdampak pada motivasi belajar, yang dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik, baik dalam proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil pelatihan para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan PkM dan mau terlibat langsung dalam kegiatan membaca dengan permainan. Selain itu pihak sekolah juga memandang positif dan sangat bermanfaat, bahkan kegiatan seperti ini dapat terus diupayakan di masa yang akan datang. Para peserta tidak hanya terbatas oleh siswa tetapi guru-guru lain juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini.
Â
Kata Kunci: Mengajar Anak, Membaca, dan Permainan
Full Text:
PDFReferences
Juhaeti, Eti. 2022.. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Bermain Puzzle Huruf. Adlonah. Vol. 3 No.1 (2022), Hal. 26-32. https://doi.org/10.47453/hadlonah.v3i1.656.
Rohayati dan Erna Budiarti. 2022. Menumbuhkan Literasi Membaca Awal melalui Permainan Tradisional Engklek Di TK Nurul Aulia Depok. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.
Rustinarsih, Lis. 2021. Make a Match cara Menyenangkan Belajar Membaca Wacana Aksara Jawa. Solo: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia (YLGI).
Sulthonie, Ahmad Agus dan M. Taufiq Rahman. 2018. Pelatihan tentang Keterampilan Membaca bagi Para Guru Sekolah di Kecamatan Regol Kota Bandung. Bandung: Jurnal Al-Khidmat Volume 1 No 1 2018.
Sunarti, Sri. 2021. Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Pekalongan: Penerbit NEM.
Suryana, D. 2019. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.31932/jppm.v2i1.2343
Article Metrics
Abstract view : 287 timesPDF - 114 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.