PEMBERIAN PELAJARAN TAMBAHAN UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN SISWA AKIBAT COVID-19 DI DAERAH PERBATASAN INDONESIA MALAYSIA
Abstract
COVID-19telah berdampak pada dunia pendidikan, termasuk di Kabupaten Malinau khususnya di SDN 002 Bahau Hulu, SDN 002 Kayan Hulu dan SDN 004 Pujungan. Kurang lebih dua tahun lamanya tertinggal pelajaran karena tidak ke sekolah siswa, sehingga kami melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelajaran tambahan pada siswa yang terkena dampak Covid-19. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelajaran tambahan bagi siswa serta siswa dapat beraktivitas kembali seperti biasa sehingga pembinaan karakter kepada siswa dapat dikembangkan kembali. Karena mengintegrasikan karakter siswa dengan cara berani sangatlah sulit untuk diwujudkan. Metode yang digunakan adalah bimbingan langsung ke siswa dengan menerapkan metode berupa permainan dan pengganti peran. Kegiatan ini kami lakukan setiap sepulang sekolah dengan melihat kondisi siswa. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah dengan melalui pelajaran tambahan maka siswa yang tadinya tidak bisa membaca akhirnya bisa membaca. Siswa yang tadinya tidak lancer berhitung akhirnya sudah mampu berhitung. Siswa yang tadinya tidak memahami materi pelajaran dalam sebuah wacana akhirnya dapat memahaminya.
Â
K ata Kunci : Daerah perbatasan, Ketertinggalan, Pelajaran tambahan.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Munir Mulkhan, Paradigma Intelektual Muslim Pengantar Filsafat Pendidikan Islam dan Dakwah, Yogyakarta, Sipress, 1993.
Gugus Tugas Percepatan Penanganan
COVID-19. (2020). Peta Sebaran. https://covid19.go.id/peta- sebaran
Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme Dosen Dan Kualitas Pendidikan Tinggi. Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(4).
Suharto. 2013. Tata Surya Dengan Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role (Dinamika). No. 3, Vol. 3, Hal. 416-423
Tim detikcom. (2020, April 26). Kapan SebenarnyaCorona Pertama Kali Masuk RI?. detiknews.https://news.detik.com/berita/d- 4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama- kali-masuk-ri
DOI: https://doi.org/10.31932/jppm.v2i2.2526
Article Metrics
Abstract view : 157 timesPDF - 53 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.