IMPLEMENTASI POJOK BACA OLEH MAHASISWA KM5 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Bella Indah Safira, Dwi Cahyadi Wibowo

Abstract


Program kampus mengajar merupakan salah satu program pemerintah untuk mewujudkan kegiatan MBKM  (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka). Program ini diperuntukan mahasiswa dari seluruh program studi di  perguruan tinggi untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan dasar terutama di daerah 3T. Adapun  kegiatan kampus mengajar ini meliputi: kegiatan literasi dan numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi  sekolah. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah melihat perkembangan  keterampilan literasi numerasi siswa SD Negeri 02 Jantaan di sebuah sekolah dasar di Kabupaten Landak yang terdapat  hambatan dan tantangan tersendiri dalam proses meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi. Metode  penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan peneliti bertindak sebagai observer. Hasil  penelitian menunjukan bahwa siswa SD Negeri 02 Jantan sangat tertarik dengan pojok baca yang dibuat untuk mempermudah siswa untuk membaca buku. Pojok baca dapat digunakan kapan saja terkhususnya pada wajib membaca 10 menit sebelum pelajaran dimulai hal ini dilakukan agar literasi dan numerasi siswa meningkat dengan  efektif sehingga perkembangan keterampilan dan numerasi dapat terlihat melalui peningkatan pada  siswa belum  fasih membaca dan semakin baik pada kelompok siswa yang sudah fasih membaca.

Full Text:

PDF

References


Etika, E., Pratiwi, S. C., Lenti, D. M. P., & Al Maida, D. R. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 dalam Adaptasi Teknologi di SDN Dawuhan Sengon 2. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 281-290.

Fatonah, K., Alfian, A., & Lestari, S. (2021). Implementasi program kampus mengajar di sekolah dasar swasta Nurani Jakarta. Js (Jurnal Sekolah), 5(4), 194-205.

Ningrum, P. P., Sari, M. K., & Lestari, S. (2020). Implementasi pojok baca di sekolah dasar (studi kasus pada siswa kelas IV sekolah dasar). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 307-312.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924.

Utami, R. D., Wibowo, D. C., & Susanti, Y. (2018). Analisis minat membaca siswa pada kelas tinggi di sekolah dasar negeri 01 belitang. Jurnal pendidikan dasar perkhasa, 4(1), 179-188.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan KeSD-An, 16(2), 102–107.




DOI: https://doi.org/10.31932/jppm.v2i2.2617

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.