Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan komponen integral dalam Penerapan Kurikulum Merdeka (IKM). P5 bertujuan untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki nilai-nilai Pancasila, antara lain ketuhanan, keberagaman global, gotong royong, kemandirian, berpikir kritis, dan kreatif. Kreativitas, salah satu elemen kunci P5, dipupuk melalui media pembelajaran yang menarik dan efektif. Pemanfaatan media tersebut tidak hanya memudahkan pemahaman siswa terhadap materi akademik tetapi juga berfungsi sebagai katalis kreativitas mereka. Peningkatan pengalaman belajar kreatif siswa melalui media pembelajaran yang menawan memerlukan dorongan dan dukungan yang kuat dari orang tua, guru, dan lingkungan belajar. Fasilitas pembelajaran yang memadai berperan penting dalam membentuk kreativitas siswa, karena penyediaan sumber daya orang tua untuk pengembangan bakat dan peran guru sebagai fasilitator dan mentor sangat penting. Kolaborasi dukungan orang tua dan guru dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui media pembelajaran yang menarik menawarkan solusi efektif dalam konteks pendidikan ini. Melibatkan media pembelajaran tidak hanya memikat siswa tetapi juga melibatkan mereka dalam proses pembelajaran, memberikan umpan balik positif kepada guru. Tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa, memberikan pemahaman, dan memotivasi minat belajar di SMP Negeri 2 Satu Atap Seberuang.
References
Amabile, T. M. (2013). Componential theory of creativity. In M. A. Runco & S. R. Pritzker (Eds.), Encyclopedia of Creativity (Second Edition) (pp. 295-297). Academic Press.
Campbell, D. T. (1986). Relabeling internal and external validity for applied social researchers. New Directions for Program Evaluation, 1986(31), 67-78.
Gusnayetti. (2021). Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Lisan Bagi Mahasiswa. Ensiklopedia of Journal, 07 (2), 206-213
Reiter-Palmon, R., & Kaufman, J. C. (2017). Measures of Creativity. In J. C. Kaufman & R. J. Sternberg (Eds.), The Cambridge Handbook of Creativity (pp. 349-375). Cambridge University Press.
Sufyadi, S., Lambas, L., Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Iswoyo, S., Hartini, Y., Primadonna, M., & Mahardhika, R. L. (2021). Pembelajaran paradigma baru. Pusat Asesmen dan Pembelajaran.