SOSIALISASI PENTINGNYA PEMBELAJARAN ETIKA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SDN 024 SAMARINDA UTARA

Afdal Afdal, Renni Mayasari, Andi Steven, Viktor Balan

Abstract


Abstrak: Pengabdian ini bertujuan untuk menggambarkan pentingnya pembelajaran etika untuk membentuk karakter sopan santun siswa SDN 024 Samarinda Utara.peserta pada sosialisasi ini adalah guru, kepala Sekolah, orang tua siswa dan siswa itu sendiri. Kegiatan ini dilakukan dengan melalui forum diskusi dan tanya jawab.

Hasil menunjukan bahwa pembentukan karakter dan etika siswa sangatlah penting ditanamkan sejak dini, peran wali kelas dan orang tua juga sangat berpengaruh penting dalam maksimalkan pembentukan karakter dan etika siswa. Hal ini didukung dari hasil diskusi dan wawancara besama guru yang mengungkapkan bahwa perlu diingat pembentukan karakter dan etika siswa tidak dapat berkembang jika hanya di sekolah saja aka tetapi keluarga juga harus mengambil peran mengembangkan karakter anak, keluarga merupakan faktor penting dalam membentuk karakter siswa. kami memandang bahwa pendidikan karakter dan etika sangatlah berpengaruh penting atas prestasi siswa, dengan menyalurkan setiap nilai-nilai pendidikan karakter dan etika dalam proses pembelajaran siswa dengan perlahan akan memahami tentang pentingnya etika dalam kehidupan.

 

Kata Kunci : Karakter Siswa, Pembelajaran Etika, Sosialisasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Afdal, A. (2022). Penerapan Habituasi Dan Punishment Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Samarinda Tahun 2022. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6897-6902. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3402

Afdal, A., Hotimah, H. H., Arifin, N., Nugroho, T. C., & Muhdar, A. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTs) KELAS IV C DI SDN 012 SAMARINDA ULU. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 170-181. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1510

Afdal, A., Tunru, A. A., Luther, D., Hendro, H., Nugroho, T. C., & Muhdar, A. (2023). PEMBERIAN PELAJARAN TAMBAHAN UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN SISWA AKIBAT COVID-19 DI DAERAH PERBATASAN INDONESIA MALAYSIA. JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 59-65. https://doi.org/10.31932/jppm.v2i2.2526

Afdal, A., Ubang, D., Yani, A., Nugroho, T. C., & Aldi, A. (2023). Sosialisasi Pentingnya Melanjutkan Pendidikan bagi Masyarakat Apaokayan Daerah Perbatasan Indonesia dan Malaysia. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 1084-1091. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.8068

Gowa, K. (2018). Program Pembelajaran Fullday School ( Studi Fenomenologi Di Sekolah Alam Insan Kamil.

Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018.

Mutiani, M., Sapriya, S., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 704–709.




DOI: https://doi.org/10.31932/jppm.v3i1.3341

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.