ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Andri M.Pd, Natalia Rini, Lusila Parida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas IV SDN 2 Nobal Tahun Pelajaran 2020/2021. Bentuk penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Nobal yang berjumlah 16 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan, hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas iV SDN 2 Nobal tergolong rendah. Maka dari itu, faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika yaitu dipengaruhi oleh kemampuan matematis seperti, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan komunikasi matematis, kemampuan koneksi matematis, kemampuan representasi matematis.


Full Text:

PDF

References


Azizah.M & Habibatul. L. R. 2019. Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV.Jurnal of Education Research and Review. 2(2): 210-218.

Chairani. Z. 2016. Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika.Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Handayani. H. 2019. Analisis Kemmapuan Representasi Siswa pada Materi Volume Kubus dan Balok di Sekolah Dasar.Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education. 3(1): 48-61.

Hendro. U. F. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.Jurnal Tadris Matematika. 2(1): 51-60.

Julianti. M, At all. 2019. Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam.6(2): 173-182.

Karmilah & Nur. O. R. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas IV Sekolah dasar pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat.Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.5(3): 35-44.

Karmilah & Resdiantie. L. R. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar pada Materi Mengenai Konsep Bilangan Cacah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.4(1): 109-119.

Mayasari, At all. 2018. Menganalisis Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Bangun Datar Siswa SMPNdi

Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2(6): 820-828.

Misyanto. 2016. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika. Anterior Jurnal.15(2):144-150.

Moleong. 2016. Metode Penelitian Kualitatif.

Bandung: PT. Permana Rosdakarya.

Nari.N. at All. 2019. Analisis Kemampuan representasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal TA’DIB. 22(1) : 19-25.

Nelliarti.At All. 2018. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah dasar dalam Memecahkan Masalh Matematik. Jurnal Numeracy.5(2): 226-235.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Setiawan.B & Jiran. D. O. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Siswa Sekolah dasar Se-Kota Sintang. Jurnal VOX Education.10(1): 137-143.

Sidiq. A. 2016. Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 3 Tiris Satu Atap Probolinggo. Skripsi.Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Situmeang. R. 2016. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Generatif Siswa Kelas VA SDN 004 Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur.Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan Universitas Riau. 5(3): 34-

Sofiyan. J. At All. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi FPB dan KPK di SD Negeri 02 Langsa. Journal of Basic Education Studies.2(1): 132-142.

Sri. P. I & Devi. A. F. 2020. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. 29(1): 79 - 87.

Sriyono.At.All. 2019. Analisis Daya Matematis Siswa Kelas VIII Mts Mu’allimin Sruweng. Prosiding Sendika: Vol 5, No 1.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA CV.

Sulianto.J, At All. 2019. Klasifikasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri Tambakrejo 02 Semarang. Indonesian Journal of Reseacth and Review. 2(2), Juni 2019.

Yuniawati. T. 2017. Analisis Kemampuan Penalaran Metematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan berdasarkan Kemampuan Awal Matematika.Artikel Skripsi.1(1) : 1-6.

Yuwono. T. At all. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika. 1(2)

: 137-144




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1129

Article Metrics

Abstract view : 4232 times
PDF - 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.