Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Hadidi Hadidi, Beni Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan media pembelajaran e-learning berbasis google sites ditinjau dari hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Sintang kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilakukan pada siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen menggunakan media web berbasis google sites dan VIIIB sebagai kelas kontrol menggunakan group whatsapp di SMP Negeri 4 sintang, semester 2 tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Adapun teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan menggunakan soal sebanyak 15 soal pilihan ganda dan angket respon untuk melihat respon siswa terhadap media web berbasis google sites. Hasil penelitian ini ditinjau dari perhitungan pretest dan posttest dari kedua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pretest menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang tidak jauh berbeda dilihat dari nilai rata yakni 57,26 dan 54,60. Sedangkan pada posttest hasil belajar menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan tes akhir dimana nilai rata kelas eksperimen sebesar 54,18 sedangkan kelas kontrol sebesar 29,13


Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M.,Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. 2020. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Aditya, P. T. 2018. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 15(1), 64-74.

Ananda, R., dan Muhammad, F. 2018. Statistik Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Andri & Rismawati, M. 2019. Faktor yang Paling DominanMempengaruhiRendahnyaHasilBelajarMatematikaMahasiswa PGSD, ProsidingSilogismedisajikanpada SNMP 201 Universitas PGRI Madiun.

Anggoro, I. F., & Yunianta, T. N. H. 2018. Pengembangan media pembelajaran berbasis website materi trigonometri siswa SMA kelas XI. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 253-260.

Arum, S., & Bhakti, Y. B. 2020. Pengaruh Aplikasi Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa SMA/SMK. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 101-106.

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C., 2016. An eLearning System for Agricultural Education.Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), pp.132-135.

Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. 2013. Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30-39.

Herdianti, S. N. 2017. Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Kebersaman Dalam Keberagaman (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Ciapus III Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP Unpas). (Diakses 11 Maret 2021).

Jas, I., Rosha M., & Nilawasti Z.A. 2012.Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1). UNP

Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. 2020. Penggunaan Google Sites Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP Kelas VIII SMPN 1 Astambul. Lentera: Jurnal Pendidikan, 15(2), 68-73.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta:Bumi Aksara. (Diakses 11 maret 2021).

Oemar Hamalik. 1989Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya.

Ridwan, M. 2011. Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap prestasi belajar siswa Kelas XII Akuntansi Mata Pelajaran Fiqih di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo (Doctoral dissertation, IAIN Sunan Ampel Surabaya). (Diakses 12 maret 2021, jam 12. 18 WIB).

Rohani, R. 2019. Media pembelajaran.

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., ... & Sahir, S. H. 2019. E-learning: Implementasi, strategi dan inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Sidiq, M., Zulfianti, Z., Mukhtar, H., Suyitno, S., & Boeriswati, E. 2019. Media Pembelajaran Matematika Menyongsong Industry 4.0: Tinjauan literatur sistematis untuk analisis kebutuhan. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Suartama, I kadek. 2014. E-Learning Konsep dan Aplikasinya. 21-22

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sundayana, Rostina.2018. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1395

Article Metrics

Abstract view : 376 times
PDF - 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.