EFEKTIVITAS E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP N 1 KAYAN HILIR
Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine how effective distance learning is in using the E-Learning application at SMP N 1 Kayan Hilir on student interest in learning at SMP N 1 Kayan Hilir. Respondents taken were students of SMP N 1 Kyan Hilir, subject teachers, and parents of students in SMP N 1 Kayan Hilir. This research uses qualitative research. This qualitative research is descriptive using qualitative analysis so that it provides easy-to-understand information exposure. Learning in junior high school (SMP) in this study uses formidable learning or commonly called distance learning (PJJ) with the guidance of parents from home and teachers at school. Students do online learning and interact with teachers using applications, one of the applications used such as e-Learning. The results showed that online formidable learning during the Covid-19 period greatly influenced students' interest in learning, namely students felt bored and bored because they did not meet their friends and teachers directly.
Keywords:Â E-Learning; learning interests
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran jarak jauh dalam menggunakan aplikasi E-Learning SMP N 1 Kayan Hilir terhadap minat belajar siswa SMP N 1 Kayan Hilir. Responden yang diambil adalah siswa SMP N 1 Kayan Hilir, guru bidang studi, dan orang tua siswa di lingkungan SMP N 1 Kayan Hilir. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif menggunakan analisis kualitatif sehingga menjadi paparan informasi yang mudah dimengerti. Pembelajaran pada sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran formidable atau biasa disebut dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan bimbingan orang tua dari rumah dan guru di sekolah. Siswa melakukan pembelajaran online dan berinteraksi dengan guru menggunakan aplikasi, salah satu aplikasi yang dipakai seperti e-Learning. Hasil penelitian menujukkan bahwa pembelajaran formidable secara online pada masa Covid-19 sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa, yaitu siswa merasa jenuh dan bosan karena tidak bertemu dengan teman dan gurunya secara langsung.
Kata Kunci:Â E-Learning; minat belajar siswa.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia,S. (2020).Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi.20 Juli. Diambil kembali dari, https://www.suara.com/yoursay/2020/07/20/175556/pembelajaran-daring-pada- masa-pandemi
Hanum, N.S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto.
Riamin.(2016). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran. 14 April.
Diambil kembali dari, https://www.kompasiana.com/riamin/570ec6323697738d1a3e38b6/menumbuhkan- minat-belajar-siswa-dalam-pembelajaran
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, KualitatifF, Dan R & D. ALFABETA, cv.
Wulandari, M.S. & Rahayu, N. (2010).Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e- learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas Diambil kembali dari,
https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-01738545/update-virus-corona-di-
dunia-13-september-2020-kasus-positif-covid-19-dekati-angka-29-juta-orang
Sadikin, A. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. 2020. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, Hal. 214-224
Sugiono. 2016. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v2i1.1180
Article Metrics
Abstract view : 259 timesPDF - 298 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JUTECH : Journal Education and Technology
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.