SISTEM PENILAIAN UJIAN OTOMATIS UNTUK SOAL ESAI MENGGUNAKAN METODE VECTOR SPACE MODEL

Mi'andri Mi'andri, Alda Cendekia Siregar, Putri Yuli Utami

Abstract


Pelaksanaan ujian merupakan cara untuk mengukur kemampuan seorang mahasiswa. Ujian juga dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai seberapa jauh pengetahuan yang sudah dikuasai dan keterampilan yang sudah diperoleh. Ujian esai adalah salah satu proses evaluasi yang digunakan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa. Masalah yang terjadi pada saat dosen menilai yaitu lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa lembar jawaban mahasiswa, hal ini dapat mempengaruhi objektivitas dalam penilaian. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan sistem yang dapat membuat penilaian jawaban ujian esai lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem penilaian ujian esai secara otomatis yang dapat membantu dosen dalam menilai ujian esai mahasiswa. Metode yang digunakan yaitu metode pembobotan TF-IDF (Term Frequency - Inverse Document Frequency) dan Vector Space Model untuk menghitung kemiripan dari dua buah dokumen, dimana proses yang dilakukan pada penilaian jawaban esai adalah dengan membandingkan jawaban yang telah diisikan oleh mahasiswa dengan kunci jawaban dosen. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sistem penilaian esai otomatis menggunakan metode Vector Space Model telah berjalan dengan baik.

Keywords


TF-IDF (term frequency - inverse document frequency), vector space model, penilaian esai otomatis

Full Text:

PDF

References


Bastian, A., Sujadi, H., & Sukmana, P. A. (1861). Rancang Bangun Aplikasi Penilaian Ujian Essay Dengan Menggunakan Algoritma Nazief & Andriani Dan Metode Cosine Similarity. 62–68.

Febriyanto, F. (2019). Sistem Penilaian Otomatis Jawaban Esai Dengan Menggunakan Metode Vector Space Model Pada Beberapa Perkuliahan Di Stmik Indonesia Banjarmasin. Jurnal Teknologi Informasi, XIV(1), 53–68.

Fuat, R. (2010). Sistem Nilai Essay Otomatis Pada Elearning menggunakan Metode Cosine Similarity. Surabaya: Buku Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh November.

Hidayat, N., & Afuan, L. (2019). Penilaian Ujian Otomatis untuk Soal Bertipe Essay pada PJJ APTIKOM menggunakan Cosine Similarity. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIK), 259–271.

Ismi, D. P., & Ardianto, F. (2020). Peringkasan Ekstraktif Teks Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Unsupervised Menggunakan Metode Clustering. Cybernetics, 3(02), 90. https://doi.org/10.29406/cbn.v3i02.2290

Pitriyani, E., & Ardiansyah. (2019). Rekomendasi Pembimbing dan Penguji Tugas Akhir Menggunakan Vector Space Model. 2019(November), 317–323.

Putra, R. E., & Khusartantya, K. (2014). Aplikasi Penilaian Tes Esai Berbahasa Indonesia Menggunakan Vector Space Model (VSM). Universitas Diponegoro.

Rohayati, Ratnawati, & Kunda, A. (2018). Implementasi Sistem Ujian Berbasis Online Pada Ujian Esai Bahasa Indonesia. Inspiration : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 81–88. https://doi.org/10.35585/inspir.v8i2.2463

Sanjaya, F. (2017). Pemanfaatan Sistem Temu Kembali Informasi dalam Pencarian Dokumen Menggunakan Metode Vector Space Model. J-INTECH (Journal Information and Technology), 05(02), 1689–1699.

Saputra, E. P., Studi, P., Informasi, S., Bina, U., Informatika, S., Cengkareng, K., & Barat, K. J. (2019). Implementasi Information Retrieval System Menggunakan Teknik Vector Space Models ( VSM ) Untuk Sistem Pengujian Komputer Berbasis Teks. 11(2), 9–18.

Tria, A., & Arifin, J. (2017). Perancangan Sistem Koreksi Otomatis Ujian Online Multiple Choice Dan Essay Pada Kuliah Mikroprosesor Berbasis Tf-Idf Dan Vektor Space Model Di Stmik Asia Malang. Jouticla, 3(2), 81–90.

Yustiana, D. (2015). Penilaian Otomatis Terhadap Jawaban Esai Pada Soal Berbahasa Indonesia Menggunakan Latent Semantic Analysis. Seminar Nasional “Inovasi Dalam Desain Dan Teknologi” - IDeaTech 2015.

Zeniarja, J., Salam, A., & Achsanu, I. (2020). Sistem Koreksi Jawaban Esai Otomatis (E-Valuation) dengan Vector Space Model pada Computer Based Test (CBT). Seminar Nasional Dinamika Informatika.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v2i2.1273

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUTECH : Journal Education and Technology