PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATERI SEL

Mahrawi Mahrawi, Usman Usman, Anggita Rizki Setiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul biologi menggunakan aplikasi 3D pageflip professional pada materi sel. Untuk melihat respon guru dan peserta didik terhadap bahan ajar e-modul dengan menggunakan aplikasi 3D pageflip professional pada materi sel.Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan, namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap 3D yang meliputi (1) Define, (2) Design, dan (3) Develop. Subjek penelitian ini meliputi 1 dosen ahli media, 1 dosen ahli materi, 1 guru mata pelajaran biologi, dan siswa kelas XI IPA SMAN 4 Pandeglang. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan e-modul ini meliputi lembar penilaian kelayakan oleh ahli media, lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, angket respon guru dan angket respon siswa terhadap penggunaan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul yang dikembangkan adalah E-modul Biologi Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Sel, (2) e-modul dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dengan perolehan presentase skor 74% dari ahli materi, 80% dari ahli media, 91% dari guru mata pelajaran biologi dan 83,5% dari respon siswa sebagai pengguna e-modul, sehingga e-modul yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori layak.


Keywords


Pengembangan, e-modul, 3D pageflip professional

Full Text:

PDF

References


Anwar, I. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktori UPI.

Arfianto, D. G. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Handphone Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keikhlasan Beribadah Dalam Al-Qur’an Surah Al-Bayyinah Ayat 5 Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMK Nasional Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. SKRIPSI. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: UIN Walisongo Semarang.

Jamun, Y. M. 2016. “Desain Aplikasi Pembelajaran Peta Nusa Tenggara Timur Berbasis Multimedia” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No 1, hal. 144-150.

Nugraha, M. I. & P. Widiyaningrum. 2015. “Efektivitas Media Scratch Pada Pembelajaran Biologi Materi Sel di SMA Teuku Umar Semarang” Jurnal Pendidikan Biologi Vol 4 No 2, hal 209-214.

Rianingtias, O. 2019. Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Biologi Bernuansa Motivasi Siswa Kelas XI Di SMA/MA. SKRIPSI. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Salsabila, R. P. E. G. 2013. Pengembangan Modul Elektronik Fisika Sebagai Media Instruksional Pokok Bahasan Hukum Newton Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. SKRIPSI. Universitas Jember, Jember.

Suarsana, I. M. & G. A. Mahayutki. 2013. “Pengembangan EModul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa” Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 2 No 2, hal 264-275.

Sulistyaningrum, D. A. 2017. “Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia Pada Materi Permukaan Bumi Dan Cuaca” Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol 2 No 4, hal 154-166.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v2i2.1355

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUTECH : Journal Education and Technology