PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII SMP

Maya Ulandari, Chandra Lesmana, Danar Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa pengembangan media pembelajaran interaktif dengan articulate storyline pada mata pelajaran informatika materi kolaborasi dalam masyarakat digital di kelas VII SMP LKIA Pontianak. Metode penelitian ini adalah  penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas subjek pengembangan dan subjek ujicoba produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor sebesar 77,3 atau masuk dalam kategori layak, Validasi oleh ahli materi di peroleh sebesar 75, atau masuk dalam kategori layak, dan Validasi angket respon mahasiswa memperoleh skor sebesar 73,6 atau masuk dalam kategori layak.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, articulate storyline, Kolaborasi dalam Masyarakat Digital

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman.(2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alpabeta

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Rajawali Press

Arsyad, A. (2006). Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP. Jakarta : Rajawali Press

Arikunto, S. (2018). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana.

Burhanudin. (2017). ”Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pelajanan Pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis”. Jurnal Pendidikan

Daryanto. (2018). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Daryanto. (2010). Media Drill and Practice. Yogjakarta: Gava Media

Fitriani, M. (2015). Pengembangan Media Ajar Berbasis Multimedia Articulate Storyline Sejarah Kebudayaan Islam materi Khulafaur Rasyidin Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Malang. (Disertasi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Hamlik O. (2019). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim. (2001). Kelebihan Media Pembelajaran. Bandung: Kencana.

Kendall, K, E & Kendall, J.E. (2003). Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta: Prehallindo.

Kustiono.(2010). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghala Indonesia.

Michael. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Alfabet.

Nawawi, H . (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogjakarta: Gajah Mada University Press.

Ridoi, Mokhammad. (2018). Cara Mudah Membuat Game Edukasi. Jakarta: Maskha.

Setyawan, A.E., Warkintin.,Januariko,J. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 6 Sub Tema 1 Aku dan Cita-Citaku”. JUTECH: Journal Education and Technology. Vol.1, No.1, Juni 2020, hal.1-13.

Sugiyono (2018). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabet

Wati, R,E (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v3i2.1805

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUTECH : Journal Education and Technology