DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI TERHADAP PENJUALAN BARANG DI TOKO BANGUNAN
Abstract
Toko bangunan Jeruju Permai kota Pontianak merupakan salah satu toko bangunan yang menjual bahan dan alat-alat bangunan. Toko Jeruju Permai mendapatkan pasokan bahan dan alat dari suplier (penyedia). Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi inventaris data mining menggunakan algoritma apriori terhadap penjualan barang di toko bangunan Jeruju Permai Pontianak. Pada algoritma apriori menentukan kandidat yang mungkin muncul dengan cara memperhatikan minimum support dan minimum confidence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan, studi pustaka, identifikasi masalah, pengumpulan dan pengolahan data, perancangan system, implementasi, dan Metode CRISP-DM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan algortima apriori dalam penelitian ini dapat menghasilkan kombinasi item berdasarkan data transaksi dan kemudian dapat membentuk pola pembelian konsumen dari kombinasi item tersebut. Hasil perhitungan algoritma apriori yang dilakukan didapatkan pola pembelian konsumen sebagai berikut; (1) Jika konsumen membeli cat maka akan membeli kayu belian 14cm x 5m dengan support 17.39 % dan confidence 44.44 % ,(2)Â Â Jika konsumen membeli seng keriting, kayu belian 14cm x 5m maka akn membeli pipa paralon Ruchika dengan support 8.7 % dan confidence 40 %.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hermawati. 2018. Data Mining. Yogyakarta: Penerbit Andi .
Pauziah, Nuraini. 2018. “Penerapan Algoritma Asosiasi Dalam Strategi Penjualan Alat Tulis Kantor Dengan Algoritma Aprioriâ€. https://repository.nusamandiri.ac.id/index.php/unduh/item/232316/NURAINI-PAUZIAH-11180183.pdf. Diakses tanggal 20 Desember 2020.
Windania, Purba. 2010. “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menyusun Pola Persediaan Inventaris Barang Pada Biro Sarana Dan Prasarana Universitas Prima Indonesiaâ€. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/14249. Diakses tanggal 20 Desember 2020.
Muhamat, Maariful huda dan Wiji Setyaningsih. 2014. “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Bundling Penjualan Barang Dengan Algoritma Aprioriâ€.
https://www.neliti.com/publications/185007/sistem-pendukung-keputusan dalam-penentuan-bundling-penjualan-barang-dengan-meto. Diakses tanggal 26 Desember 2020.
Resiana, Nathasya. 2016. “Penerapan Algoritma Apriori Asosiasi Terhadap Penjualan Produk Cosmetik Untuk Mendukung Strategi Penjualanâ€. http://repository.gunadarma.ac.id/261/. Diakses tanggal 26 Desember 2020.
Efendi, Luqman. 2018. “Sistem Penentuan Strategi Promosi Penjualan Sparepart Sepeda Motor Honda Menggunakan Algoritma FP-Growthâ€. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2018/14.1.03.02.0090.pdf. Diakses tanggal 18 Maret 2021.
Suprasetyo, achmad fendi. 2016. “Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Frequent Pattern-Growth pada Data Transaksi Penjualan Barang Harian di Swalayan XYZâ€.
https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/531408003/market-basket-analysis-menggunakan-algoritma-frequent-pattern-growth-pada-data-transaksi-penjualan-barang-harian-di-swalayan-xyz.html. Diakses tanggal 21 Maret 2021.
Ramadhan, farhan. 2017. “Implementasi Algoritma Hash Based Terhadap Aturan Asosiasi Untuk Menentukan Frequent Itemset Study Kasus Rumah Makan Seafood “Kitaâ€â€. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1770/1494. Diakses tanggal 21 Maret 2021.
Article Metrics
Abstract view : 321 timesPDF - 186 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JUTECH : Journal Education and Technology
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.