EVALUASI PELAKSANAAN MATA PELAJARAN INFORMATIKA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Desy Yanty Cobena

Abstract


Penelitian ini bertujuan menilai konteks, input, proses, dan produk dari pelaksanaan Mata Pelajaran Informatika jenjang SMP. Sampel penelitian ini adalah 4 pendidik dan 338 peserta didik di Kota Surakarta. Metode pengumpulan informasi menggunakan observasi, wawancara dan pengumpulan angket dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil pertama, pada aspek konteks menunjukkan bahwa pembelajaran telah berjalan sesuai pedoman pembelajaran Informatika 2019. Kedua, dilihat dari aspek input, kualifikasi guru telah memenuhi kualifikasi dan sarana prasarana utama memenuhi standar. Ketiga, pada aspek proses, pelaksanaan pembelajaran menyesuaikan kondisi yang juga terpengaruh oleh masa pandemi, sehingga pembelajaran dominan dilakukan secara daring. Hampir semua guru secara konsisten telah menggunakan ragam metode, media, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan materi. Terakhir, ditinjau dari produk, pelaksanaan pembelajaran yang bersifat praktik masih belum dapat maksimal di masa pandemi ini. Ketersediaan perangkat dan kualitas jaringan masih menjadi kendala terbesar.


Keywords


mata pelajaran Informatika; SMP; CIPP

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2019). Evaluasi Program: Teori dan Praktik dalam Konteks Pendidikan dan Nonkependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arthawan, I. P. A. Y., Suyasa, P. W. A., & Wahyuni, D. S. (2020). Pengembangan konten pembelajaran blended learning berbasis edmodo pada mata pelajaran Informatika kelas X semester II di SMA Negeri 1 Banjar. Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 9(3),172-184

Buchari, M. A., Arsalan, O., Firdaus, F., Miraswan, K. J., & Sembiring, S. (2020, February). Sosialisasi dan Pelatihan Bebras Challenge Untuk Siswa SMP di Kota Palembang. Annual Research Seminar (ARS) (Vol. 5, No. 2, pp. 39-42).

Caspersen, M.E, Gal-Ezer, J, McGettrick, A., & Nardelli, E. (2018). Informatics for All: The strategy. ACM and Informatics Europe. Diunduh dari https://10.1145/3185594

Guerra, V., Kuhnt, B., & Blöchliger, I. (2012). Informatics at school-worldwide. An international exploratory study about informatics as a subject at different school levels.

Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar Sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru Yang Excellent di Abad ke-21. Bandung: Refika Aditama

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press

HromkoviÄ J. (2006) Contributing to General Education by Teaching Informatics. In: Mittermeir R.T. (eds) Informatics Education – The Bridge between Using and Understanding Computers. ISSEP 2006. Lecture Notes in Computer Science, vol 4226. Springer, Berlin, Heidelberg. Diunduh dari https://doi.org/10.1007/11915355_3

Ismi, D. P., Murinto, M., & Normawati, D. (2020, November). Pelatihan computational thinking bagi guru dan siswa SMA/SMK/MA Muhammadiyah di Wilayah Kota Yogyakarta. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 379-388).

Neni Sundali, Linda (2020) Pengembangan Konten Mata Pelajaran Informatika Kelas VII Menggunakan Scratch Berbasis Local Genius (Studi Kasus : SMP Negeri 6 Singaraja). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha. Diunduh dari http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4683

Pebriyanti, I. & S.L.M (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha. Diunduh dari http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5516

Pertiwi, A., Syukur, A., Suhartini, T., & Affandy, A. (2020). Konsep Informatika Dan Computational Thinking Di Dalam Kurikulum Sekolah Dasar, Menengah, Dan Atas. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(3), 146-155. Diunduh dari https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.53

Rahman, Dedi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 MENGWI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha. Diunduh dari http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5197

Rismiyati, R., Suhartono, S., & Suharto, E. (2020, December). Pelatihan Computational Thinking Untuk Guru-Guru Di SD Negeri Tembalang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020 (Vol. 1, No. 1).

Rosyda, M. & Azhari, A. (2020, November). Pelatihan computational thinking dan pembuatan game sederhana bagi guru SD Muhammadiyah se-Kecamatan Wirobrajan. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 339-348).

Sari, E. N., & Zamroni, Z. (2019). The impact of independent learning on students’ accounting learning outcomes at vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 141-150.

Scott, L.C. (2015). The Futures of Learning 3: What kind of pedagogies for the 21st century?

Seemiller, C., & Grace, M. (2017). Generation Z: Educating and engaging the next generation of students. About Campus, 22(3), 21-26.

Syslo M.M., Kwiatkowska A.B. (2005) Informatics Versus Information Technology – How Much Informatics Is Needed to Use Information Technology – A School Perspective. In: Mittermeir R.T. (eds) From Computer Literacy to Informatics Fundamentals. ISSEP 2005. Lecture Notes in Computer Science, vol 3422. Springer, Berlin, Heidelberg. Diunduh dari https://doi.org/10.1007/978-3-540-31958-0_20

Syslo M.M., Kwiatkowska A.B. (2013) Informatics for All High School Students. In: Diethelm I., Mittermeir R.T. (eds) Informatics in Schools. Sustainable Informatics Education for Pupils of all Ages. ISSEP 2013. Lecture Notes in Computer Science, vol 7780. Springer, Berlin, Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-36617-8_4

Tootell, H., Freeman, M. & Freeman, A. (2014). Generation alpha at the intersection of technology, play and motivation. In R. H. Sprague Jr (Eds.), 47th Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS) (pp. 82-90). United States: The Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v3i2.1890

Article Metrics

Abstract view : 841 times
PDF - 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUTECH : Journal Education and Technology



Creative Commons License
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.