MEDIA AUGMENTED REALITY INTERAKTIF 3D UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAKITAN KOMPUTER

Yasinta Lisa, Yayan Adrianova Eka Tuah, Fatkhan Amirul Huda, Kristiani Elti Putri, Galih Tiara Dewi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perakitan Komputer. Selama ini pembelajaran dilaksanakan dengan hanya menampilkan perangkat yang tidak berfungsi sehingga menyebabkan siswa tidak dapat mengeksplorasi pembelajaran. Metode penelitian merujuk pada penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Hasil uji kelayakan produk oleh ahli Media dan Ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,85% dan 100% pada kriteria “Sangat Layak”. Pada uji coba skala kecil diperoleh nilai N-Gain sebesar 73,71 kategori “Sangat Tinggi” dengan respon keterbacaan oleh pengguna Guru sebesar 85,75%. Hasil uji coba skala luas diperoleh nilai N-Gain sebesar 76,44 kategori “Sangat Tinggi” Respon Keterbacaan Pengguna Guru sebesar 91,83%. Dapat disimpulkan profuk media yang dikembangkan “Sangat Baik” digunakan.


Keywords


AR Media, Learning Media Development, Learning Outcomes, Computer Assembly

Full Text:

PDF

References


Abdiyah, L., & Subiyantoro, S. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 127. https://doi.org/10.30651/else.v5i2.6951

Acesta, A., & Nurmaylany, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 346–352. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.79

Adnan, M. T., Widiaty, I., & Mulyanti, B. (2020). Analysis development of augmented reality in android-based computer learning in vocational schools. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 830(3). https://doi.org/10.1088/1757-899X/830/3/032059

Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618

Aji W., S. B. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas Iv Sd N Tingkir Tengah 02. Jurnal Basicedu, 3(1), 47-52.

Anindya, E. F. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 238-245.

Arifin, A. H. (2012). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1(1), 72-82.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asrul, A. (2020). Pembelajaran Inovatif pada Pendidikan Dasar. Jurnal Bunaya, 137-150.

Avila-Garzon, C., Bacca-Acosta, J., Kinshuk, , Duarte, J., & Betancourt, J. (2021). Augmented Reality in Education: An Overview of Twenty-Five Years of Research. Contemporary Educational Technology, 13(3), ep302. https://doi.org/10.30935/cedtech/10865

Aziz, A. A., & Muhid, A. (2022). Teori Belajar Behavioristik Dalam Kitab Bughyatul Ikhwan Karya Imam Ramli, 4(2), 444–461. Retrieved from https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/1533

Azuma, R. ., Baillot, Y., Behringer, R., Feiner, S., Julier, S., & Maclntryre, B. (2001). Recent advances in augmented reality. IEEE Computer Graphics and Applications, 21(6), 34–47. https://doi.org/10.3390/biom11020211

Bacca, J., Baldiris, S., Fabregat, R., & Kinshuk. (2019). Framework for designing motivational augmented reality applications in vocational education and training. Australasian Journal of Educational Technology, 35(3), 102–117. https://doi.org/10.14742/ajet.4182

Billinghurst, M. (n.d.). Augmented Reality in Education, (figure 1).

Banks, J. A. (2007). Education Citizens in A Multicultural Society (2nd ed.). New York: Teachers Collage Press.

Bostrom, N. (2020). Ethical issues in advanced artificial intelligence. Machine Ethics and Robot Ethics, 69–75. https://doi.org/10.4324/9781003074991-7

Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT Berbagai Bidang, 2(Mei), 39–36.

Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.

Diki, S. A. A., Mukmin, B. A., & Wenda, D. D. N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Booklet Berbasis Kontektual pada Materi Sumber Energi untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 159–164. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/

Eka Tuah, Y. A., Sudira, P., Mutohhari, F., & Kusuma, W. M. (2021). The Competency of Pedagogic and Professional of Vocational Teachers in Implementing 21st Century Skill-Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(2), 244. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i2.35336

Erwis, F., Lubis, A., Sriwahyudi, & Amelia Chandra, D. (2021). Pelatihan Dasar Pemrogramman Game Dengan Unity Bagi Mahasiswa Stkip Rokania. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 2(1), 13–17. https://doi.org/10.56313/jmnr.v2i1.39

Febrino Mudri, D., H.A Mooduto, & Afyenni, R. (2021). Augmented Reality Perakitan Komputer. JITSI : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 13–20. https://doi.org/10.30630/jitsi.2.1.29

Fitria, T. N. (2023). Augmented Reality ( AR ) and Virtual Reality ( VR ) Technology in Education : Media of Teaching and Learning : A Review, 04(01).

Hasbullah. (2014). Media Pembelajaran Matematika. Jakarta: Savitra Collage.

Hendriana, d. (2019). Pembelajaran Inovatif matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Herlandy, P., Azim, F., & Majid, N. (2020). The effectiveness of Augmented Reality based Learning on Vocational Competencies of Vocational School Students. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 120–128. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i2.2653

Ilhamsyah, B. Y., Sudarti, S., & Bektiarso, S. (2022). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Augmented Reality (Ar) Materi Rangkaian Arus Searah Untuk Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(3), 98. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i3.33689

Intan Chandra, N. S. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455-461.

Jauhari, M. I. (2017). Taksonomi Bloom dan Implementasi Kurikulum Berbasis Multikultural. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 1(1), 234-253.

Kamal, M. (2013). Pendidikan Multikultural Bagi Masyarakat Indonesia Yang Majemuk. Jurnal Al-Ta'lim, 451-458.

Lisa, Y., Wahyuni, F. R., & Tirsianus. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Problem Base Learning dengan Adobe Photoshop. Journal Education and Technology, Vol. 1, No. 2, 1-11.

Lubis, M. (2016). Peluang Pemanfaatan Pembelajaran Berorientasi Teknologi Informasi di Lingkup Madrasah (Mempersiapkan Madrasah Berwawasan Global). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1063

Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 13(1), 78-91.

Martha, Z. D. (2018). E-Book Berbasis Mobile Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan, 109-114.

Masunah, J. (2011). Konsep dan Praktik Pendidikan Multikultural di Amerika Serikat dan Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(4), 298-306.

Muthoifin. (2015). Pemikiran Pendidikan Multikultural Ki Hadjar Dewantara. Intizar, 21(2), 299-320.

Matsum, H., & Sarmita, D. (2022). Development of Addie Model for Chapter Thaharah Learning Based on Game Applications in Junior High School. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 543–554.

Mokalu, H. M., Kilis, B. M. H., & Memah, V. F. C. (2022). Pengembangan Modul Dasar Instalasi Listrik di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Manado. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 17–20. https://doi.org/10.24036/jpte.v3i1.140

Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192

Ni’amah, K., & M, H. S. (2021). Teori Pembelajaran Kognivistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10(2), 204–217. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.4947

Pranata, B. A., Mediatyarief, U., & Suryanto, A. (2017). Media Pembelajaran Simulasi Perakitan Komputer Menggunakan Unity 3D. Edu Komputika, 4(2), 67–74. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom%0AMedia

Purwasito, A. (2003). Komunikas Multikultural. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Puspita, G. A. (2018). Pergeseran Budaya Baca dan Perkembangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia: Studi Kasus Pebaca E-book Melalui Aplikasi Ipusnas. Jurnal Kajian Pustakaan dan Informasi, 13-19.

Quintero, J., Baldiris, S., Rubira, R., Cerón, J., & Velez, G. (2019). Augmented reality in educational inclusion. A systematic review on the last decade. Frontiers in Psychology, 10(AUG), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01835

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, (November), 289–302.

Rahardjo, B. (2002, May 21). Rancangan ABC E-Book. Diambil kembali dari Budi Insan: http://budi.insan.co.id/articles/ebook.pdf.

Ramly, S. N. F., Ahmad, N. J., & Mohd Said, H. (2022). The Development of Innovation and Chemical Entrepreneurship Module for Pre-University Students: An Analysis Phase of ADDIE Model. Journal of Natural Science and Integration, 5(1), 96. https://doi.org/10.24014/jnsi.v5i1.16751

Ramadanti, E. C. (2020). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1053-1062.

Rauschnabel, P. A., Felix, R., Hinsch, C., Shahab, H., & Alt, F. (2022). What is XR? Towards a Framework for Augmented and Virtual Reality. Computers in Human Behavior, 133(May 2021), 107289. https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107289

Rina Tiya Lestari, E. P. (2018). E-book Interakitf. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 71-76.

Rosida, N. F. (2017). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis. Junal Pembelajaran Fisika, 5(1), 35-45.

Rumapea, M. E. (2014). Makna Pendidikan Multikultural bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 13-20.

Rusman. (2011). Model - Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Septy, L. (2015). Pengembangan Media Komik Pada Materi Peluang Kelas VIII. Jurnal Dedaktik Matematika. 2 (2), 16-26.

Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249

Shobirin, M. (2016). Konsep Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Sobron, A. N., Titik, S., & Meidawati, S. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.

Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13.

Sulfemi, &. W. (2019). Manajemen Pendidikan Berbasis Multi Budaya. Bogor: STKIP Muhammadiyah.

Suparman, M. A. (2012). Desain instruksional modern. Jakarta: Erlangga.

Sutjipto. (2017). Implementasi Kurikulum Multikultural. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 1-21.

Su'udiah, F. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan, 1744-1748.

Syifa, L. (2019). Dampak Penggunaan Gatget Terhadap Perkambangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538-544.

Tilaar, H. (2004). Multikulturalisme. Jakarta: PT. Grasindo.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Trisna, G. A. (2017). Pengembangan Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 107-112.

Waruwu, E., Ndraha, A. B., & Lase, D. (2022). Peluang dan Tantangan G20 Dalam Menghadapi TRansformasi Manajemen Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Civil Society 5.0 Pasca Pandemi Covid-19, 7(3), 26–32.

Wasino. (2013). Indonesia: From Pluralism to Multiculturalism. Paramita, 23(2), 148-155.

Widiaty, I., Ana, A., Kuswardhana, D., Achdiani, Y., & Rifqi Mubaroq, S. (2021). Development of Augmented Reality Technology in Vocational School. Journal of Engineering Science and Technology, 16(4), 3094–3103.

Zaenal, A. (2017). Variasi Pembelajaran Matematika Di sekolah Rumah Bagi Para Homeschooler. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(2), 157-161.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2789

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JUTECH : Journal Education and Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.