MEMAHAMI MEDIA UNTUK EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN

Titin Titin, Anisyah Yuniarti, Amalia Putri Shalihat, Dea Amanda, Ineke Laili Ramadhini, Virga Virnanda

Abstract


Perencanaan dalam kegiatan pembelajaran memiliki peranan penting dalam menentukan pemilihan media pembelajaran yang sesuai. Pembuatan artikel ini bertujuan untuk menyoroti ciri-ciri, peran, dan manfaat media pembelajaran dalam mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik, serta memberikan perspektif evolusi media pembelajaran seiring perkembangan teknologi dengan fokus pada keterampilan guru dalam mengintegrasikan media untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode untuk memilih media pembelajaran dengan pendekatan studi literasi. Pemilihan media pembelajaran yang benar akan meningkatkan pemahaman peserta didik dan komunikasi yang baik antara peserta didik dan pendidik. Dengan pemilihan media pembelajaran yang tepat, tentunya dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif, memperkuat pemahaman siswa, dan memberikan wawasan baru yang mendukung keberhasilan dalam belajar. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih media pembelajaran yang cocok agar mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.


Keywords


Media, Pembelajaran, Efektivitas

Full Text:

PDF

References


Adam, S & Syastra, T, M. 2015. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam”Computer Based Information System Journal Vol.3 NO. 2, hal.78-90.

Baharun, H. 2017. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum PAI. Yogyakarta: CV Cantrik Pustaka.

Daniyati, A., Saputri, I.,B., Wijaya, R., Septiyani, S., A., & Setiawan, U. 2023. “Konsep Dasar Media Pembelajaran”Journal of Student Research. Vol. 1 NO. 1, hal. 282-294.

Faujiah, N., Septiani, N, S., Putri, T., & Setiawan, U. 2022. “Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media” Jurnal Telekomunikasi, Kendali Dan Listrik Vol. 3 No. 2, hal. 81-87.

Ibrahim,M,A., Yasin, M, L.,Fauzan., Raihan, R., Nuriyah, S., Nurhadi., Setiawan, U., Destiyani,Y, N. 2022. “Jenis Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4 No. 2, hal. 106-113.

Jauhari, M. I. 2018. “Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam” Journal Piwulang Vol. 1 No. 1, hal. 54-67.

Juhaeni., Safaruddin., Nurhayati., & Tanzila, A., N. 2020.“Konsep Dasar Media Pembelajaran”Journal of Islamic Education at Elementary School Vol. 1 No. 1, hal. 38-46.

Kartiningrum, E. D. 2015. Panduan penyusunan studi literatur. Mojokerto: Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit.

Miftah, M & Rokhman, N. 2022.“Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik”Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 4, hal. 412-420.

Nurrita, T. 2018.”Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”Jurnal Misykat Vol. 3 No. 1, hal. 171-187.

Patricia, E, D., & Susanti, D. 2018.”Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 07 Ikur Kota Padang” Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat Vol. 1 No. 1, hal. 58-70

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pemeblajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif, 5(1), 18-27.

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wahidin, U., & Ahmad, S. 2018.”Media Pendidikan Dalam Perpekstif Pendidikan” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 7 No. 1, hal. 47-66

Yestiani, K, D., & Zahwan, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 4 (1). 41-47

Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). “Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19” Journal Of Lifelong Learning Vol. 4 No. 1, hal. 15-22.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2907

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JUTECH : Journal Education and Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.