MEDIA KONVENSIONAL DAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN

Anisyah Yuniarti, Titin Titin, Fannisa Safarini, Ita Rahmadia, Sinta Putri

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai media pembelajaran konvensional dan media pembelajaran digital. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang media pembelajaran konvensional dan media pembelajaran digital. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Penelitian dilakukan dengan membaca jurnal, buku atau sumber yang lain terkait media pembelajaran konvensional dan digital. Referensi yang digunakan mencakup 2 buku, 10 artikel ilmiah, dan 1 disertasi yang diterbitkan dalam rentang tahun 2014 hingga 2022. Studi kepustakaan ini dilakukan untuk memahami secara lebih mendalam mengenai media pembelajaran konvensional dan digital. Hasil penelitian dapat memberikan pemahaman yang lebih baik menyangkut jenis-jenis, kekurangan dan kelebihan, serta bagaimana media pembelajaran konvensional dan media pembelajaran digital dapat memengaruhi proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa media konvensional terdiri dari media grafis, media tiga dimensi, penggunaan lingkungan, dan media berbasis cetakan. Sedangkan media digital dapat berupa media pembelajaran jarak jauh, media digital, media pembelajaran terjemahan bahasa, dan media pembelajaran berbasis video audio visual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran konvensional dan digital masing-masing memiliki karateristik, kelebihan, dan kekurangan yang menjadi pembeda  dari setiap media.

Keywords


Media, pembelajaran, konvensional, digital

Full Text:

PDF

References


Malinda, F.D. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Menggunakan Media Konvensional dan Multimedia pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Tahun Pelajaran 2019/2020. Disertasi. IAIN Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/14111/1/FARRAH%20DIAH%20MALINDA_T20154009.pdf

Fatchurrahman, A. P., & Nugroho, R. (2021). Hubungan Media Pembelajaran E-Learning dan Motivasi Belajar Warga Belajar Paket C di Skb Gudo Jombang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 10 (1), 27-37.

Hanifa, I., & Astuti, F. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Multimedia Interaktif Dengan Media Konvensional Pada Siswa Di SMP N 1 Talamau. Jurnal Sendratasik, 11(3), 391-401.

Hasan, M., Khasanah, B. A., Patriyani, R. E. H., Nahriana, Hidayati, H. T., Ridha, Z., Umami, R., Rahmatullah, Rahmah, N., Nurmitasari, Inanna, Masdiana, Mainuddin, Astuti, R., Harahap, T. K., & Mulati, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. . Penerbit Tahta Media.

Heryadi, F. (2021). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMK NEGERI 2 Ketapang. SWADESI: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 2(1), 14-24.

Huda, M. (2016). Pembelajaran berbasis multimedia dan pembelajaran konvensional (Studi komparasi di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri). Jurnal Penelitian, 10(1), 125-146.

Kresma, E. N. (2014). Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Educatio Vitae, 1 (1), 152-164.

Nurgiansah, T. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Konvensional dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3),1529-1534.

Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Pratiwi, E. Y. R., Mariati, P., & Rihlah, J. (2022). Kahoot Game based Learning: Pemberdayaan KKG SD di Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang. Indonesia Berdaya, 3(3), 417-424.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Tasruddin, R. (2020). Media Konvensional yang Terbarukan. Jurnalisa, 6(2), 225-232.

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif, 5(1), 18-27.

Yunita, Y., & Elihami, E. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Media E-Learning: Diskursus Melalui Problem Soving Di Era Pandemik Covid-19. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 133-146.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920

Article Metrics

Abstract view : 3380 times
PDF - 5739 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JUTECH : Journal Education and Technology



Creative Commons License
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.