PERANCANGAN UI & UX APLIKASI PARIWISATA KOTA BERBASIS ANDROID DI KOTA DKI JAKARTA

Muhamad Rafiqh, Ismail Ismail

Abstract


Artikel ini membahas pengembangan aplikasi pariwisata Kota (PAKOTA) di DKI Jakarta, dengan fokus pada masalah fitur kurang menarik dan antarmuka pengguna yang rumit. Metode Design Thinking digunakan dalam pengembangan, melibatkan tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil penelitian mencakup perancangan logo dan antarmuka pengguna (UI/UX) PAKOTA. Logo "PAKOTA" mencerminkan konsep pariwisata perkotaan yang dinamis, sedangkan antarmuka melibatkan halaman login, pendaftaran, halaman utama dengan tempat populer, submenu kategori, halaman favorit, tempat tujuan, dan halaman peta.Pengujian prototipe melibatkan lima responden untuk mendapatkan umpan balik pengguna. Hasilnya menunjukkan keberhasilan dalam beberapa skenario pengujian, dengan perbaikan yang mungkin diperlukan. PAKOTA diharapkan bukan hanya sebagai aplikasi pariwisata, tetapi juga sebagai alat untuk memperkuat ekonomi lokal, memberikan informasi lengkap, menciptakan pengalaman pengguna yang memuaskan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata berkelanjutan di Jakarta.


Keywords


Aplikasi Pakota, User Interface, User Experience, Pariwisata, Design Thinking

Full Text:

PDF

References


Amin, S. (2018). Enhancing User Experience in Android-based Tourism Applications. International Journal of Computer Applications, 180(15), 27–31.

Ashari, T., & Swalaganata, G. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Donasi Bencana BPBD Kota Batu Dengan Metode Design Thinking. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 7, 3826–3838.

Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 52–60.

Grietje, K. H., & Uneputty, E. P. (2013). Pengaruh Metode Brainstroming Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Ambon. Jurnal Penelitian Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FKIP Universitas Pattimura Ambon, 7(10).

Ikhlas, M. I., Zainudin Zukhri, S. T., & IT, M. (2022). Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan UI/UX Website Tracking GPS Tiara Track. AUTOMATA, 3(2), 1–10.

Ilham, H., Wijayanto, B., & Rahayu, S. P. (2021). Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(1), 17–26.

Kim, J. (2020). Design Thinking Approach in Mobile Application Development: A Case Study. International Journal of Human-Computer Interaction, 36(10), 877–888.

Li, Y. (2017). A Mobile Tourism Application to Enhance Tourist Experiences: A Preliminary Study. Proceedings of the 12th International Conference on Ubiquitous Information Management and Communication (IMCOM), 1–6.

Marpaung, H. (2002). Pengetahuan Kepariwisataan: Pengantar Pariwisata. Alfabeta.

Nugraha, R. N., Yuliantini, T., & Karyatun, S. (2019). Tren Pariwisata DKI Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 317–328.

Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1), 1–8.

Wang, L. (2019). Investigating Factors Influencing User Satisfaction and Continuance Intention towards Mobile Travel Applications. Sustainability, 11(15), 4162.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.3022

Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF - 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JUTECH : Journal Education and Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.