AUGMENTED REALITY SEBAGAI SARANA INFORMASI WISATA PERADABAN CANDI MENGGUNAKAN LOCAL BASED SERVICES

Mohammad Nur Cholis, Arisandi Arisandi, Dwi Sagitta Tjipta

Abstract


Informasi yang menarik merupakan salah satu yang cukup penting dalam dunia pariwisata. Dengan informasi yang mudah, akan meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata tersebut. Perkembangan teknologi seperti smartphone dapat menjadi media untuk menyampaikan informasi tentang objek wisata khususnya candi. Salah satu cara agar informasi tentang candi dapat menarik adalah dengan  menggunakan Augmented Reality (AR). Tujuan pembuatan alat ini adalah untuk menanggulangi permasalahan akan jauhnya lokasi wisata candi dan disisi lain meningkatkan kunjungan wisata candi, maka dengan menggunakan AR dan Location Based Service untuk memvisualisasikan keadaan terhadap digital content dengan dunia nyata secara terpadu, pengguna dapat dengan mudah mencari informasi lokasi serta mengetahui informasi-informasi pada layar smartphone. Langkah penelitian dimulai dari identifikasi masalah, pengumpulan data, perancangan dan pengembangan aplikasi, implementasi, dan pelaporan. Berdasarkan pengujian dengan blackbox testing dan penyematan aplikasi ini didapatkan bahwa AR dan Location Based Service dapat berjalan dan memberikan hasil sesuai dengan tujuan dan harapan penelitian.


Keywords


Augmented Reality, Location Based Service, Wisata, Candi

Full Text:

PDF

References


Dewi, Arsy Febrina, M. Ikbal. 2020. ”Perancangan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Promosi Objek Wisata Berbasis Android”. Jurnal Ilmiah Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi Vol. 5 No. 1 Januari 2022, hal. 179-186.

Efendi, Muhammad yusuf, dkk. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Card (ARC) berbasis pada Pokok Materi Peninggalan Kerajaan Singhasari untuk Peserta Didik Kelas X KPR 1 SMK Negeri 11 Malang” Jurnal Ilmiah JPSI Vol. 1 No. 2 2018, hal. 178-187.

Hakim, Abdul, dkk. 2021. “Aplikasi Sistem Informasi Geografis Menggunakanmetode Haversine Formula Pencarianrumahkost Daerah Jakarta Selatan”. Journal of Information System, Informatics and Computing Vol.5 No.2 , Desember 2021, hal. 397-408.

Haryani, Prita. 2017. “Augmented Reality (AR) sebagai Teknologi Interaktif dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat” jurnal Ilmiah SIMETRIS Vol. 8 No. 2 November 2017, hal. 807-812.

Kiswandono, dkk. 2022. “Augmented Reality Location Based Service sebagai Petunjuk Lokasi Pusat Oleh-Oleh di Kota Malang” Seminar Nasional 2022 METAVERSE: Peluang Dan Tantangan Pendidikan Tinggi Di Era Industri 5.0 di ITN Malang Juli 2022.

Mustaqim, Ilmawan.2016. “Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran” Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 13 No.2 Juli 2016, hal. 174-183.

Nugroho, Rizal Kusumajati. 2016. “Implementation Markerless Augmented Reality Using Android Sensors For Identification of Buildings in Sebelas Maret University”. JURNAL ITSMART Vol 5. No 1. Juni 2016

Rusnandi, Enang., dkk. 2015. “Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah INFOTECH Journal Vol. 1 No. 2 2015.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.3035

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JUTECH : Journal Education and Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.