EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ELEMEN STRUKTUR BETON BERBASIS AUGMENTED REALITY
Abstract
Pembelajaran efektif merupakan pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan peserta didik untuk memahami suatu konsep, keterampilan dan hasil belajar yang diinginkan (Hayati, 2017). Elemen Struktur Beton merupakan mata kuliah yang terdapat pada program studi Teknik Sipil. Mata kuliah ini membahas perencanaan dimensi serta tulangan dari lima elemen struktur beton bertulang. Dibutuhkan usaha keras bagi peserta didik untuk memahami setiap detailnya. Agmented Reality merupakan salah satu teknologi yang dapat digunakan dalam pembelajaran. media pembelajaran berbasis augmented reality dapat menaikkan tingkat kepuasan peserta didik dan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif (Mustaqim, 2017). Pada penelitian terdahulu, Hutauruk dan Wibowo (2023) melakukan penelitian berjudul Desain Pengembangan Media Pembelajaran Elemen Struktur Beton berbasis Augmented Reality. Pada penelitian ini media pembelajaran tersebut dianalisis efektivitasnya. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa media pembelajaran Elemen Struktur Beton berbasis Augmented Reality (AR) memiliki nilai efektivitas rata-rata sebesar 3,91. Selain itu, didapat persentase kelulusan setelah menggunakan media ini sebesar 94%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N.N., Azizah, M., Bekti, R.S., Thohir, M.A. 2023. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 6, No. 2, hal. 267-275.
Azizah, B. M. N., Rokhmat, J., Sutrio, S., & Susilawati, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kausalitik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vo. 7, No. 3.
Zulfa, L., Ermawati, D., & Reswari, L.A. 2023. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD Kelas Vâ€. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol. 14 No. 4, hal. 509-514.
Faiza, M.N., Yani, M.T., & Suprijono, A. 2022. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Basicedu Vol. 6, No. 5, hal. 8686-8694.
Rizov, T., Rizova, E. 2015. Augmented Reality As A Teaching Tool In Higher Education. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education Vol. 3, No. 1, hal. 7-15.
Hayati, S. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120.
Chaniago, S., Yeni, D. F., & Setiawati, M. 2022. Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. Sultra Educational Journal, Vol. 2, No. 3, hal. 184–191.
Pamoedji, A.K.M., Dan, R. S. 2017. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) Dan Virtual Reality (VR) Dengan Unity 3d. PT. Elex Media Komputindo.
Siswarana, S. A., & Djuniadi, D. (2017). Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Augmented Reality Bagi Siswa Smk Kelas X. Jurnal Digit, Vol. 5, No. 2, hal. 108–120.
Mustaqim, I. (2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 1, No. 1.
DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3100
Article Metrics
Abstract view : 80 timesPDF - 34 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JUTECH : Journal Education and Technology
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.