PERANCANGAN PROTOTYPE MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG WAKAF UNTUK USIA SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA

Fahri Hamdani, Yuliadi Yuliadi, Fadhli Dzil Ikram, Juniardi Akhir Putra, Rodainto Rodianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype media pembelajaran tentang wakaf untuk usia sekolah dasar berbasis multimedia. Wakaf adalah salah satu pelajaran yang mengajarkan nilai-nilai agama terkait dengan menyisihkan harta untuk membangun kepentingan umum. Mengajarkan anak-anak tentang wakaf dapat dimulai dengan menjelaskan konsep dan manfaat dari wakaf. Pembelajaran wakaf yang dilakukan masih secara konvensional yang hanya memanfaatkan buku yang memiliki keterbatasan. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Media pembelajaran dapat membuat pembelajaran menjadi lebih aktif, efektif dan menyenangkan yang dapat dilakukan secara berulang. Media pembelajaran yang dilengkapi animasi dan gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, dan keaktifan siswa dalam mengembangkan potensi yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada 6 tahapan yaitu identifikasi masalah, membangun prototyping, evaluasi, pengkodean system, pengujian system, menggunakan system. Dari hasil penelitian dikemukakan bahwa prototype media pembelajaran yang telah dirancang mampu membantu siswa memahami tentang wakaf yang dilengkapi dengan musik, animasi dan permainan. Dengan aplikasi media pembelajaran wakaf ini dapat membantu siswa belajar mandiri dan sarana penunjang dalam kegiatan proses belajar mengajar. 


Keywords


Wakaf, Media Pembelajaran, Siswa, Prototype, Multimedia

Full Text:

PDF

References


Aji, N. H., & Puspasari, D. (2020). Prototype Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 300–311. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p300-311

Alpi Sahrin, Yuliadi, & Mustakim. (2021). Media Pembelajaran Komputer Grafik Pada SMK Asa Telagawaru Berbasis Multimedia. TEKNIMEDIA: Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(2), 14–18. https://doi.org/10.46764/teknimedia.v1i2.20

Astuti, I. P., Ariyadi, D., & Sumaryanti, L. (2020). Prototipe Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Membaca Permulaan. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 11(1), 151–156. https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3791

Furqon, A. (2012). Wakaf Sebagai Solusi Permasalahan-Permasalahan. Jurnal Hukum Islam, 10, 35–53. https://media.neliti.com/media/publications/457881-none-ffd067b5.pdf

Hamdani, F., Sasmita Susanto, E., Yuliadi, Y., & Aldrin. (2023). Pembuatan Multimedia Pembelajaran Restoran Dan Barista Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Mahasiswa Pendidikan Tata Boga Menggunakan Adobe Flash. TEKNIMEDIA: Teknologi Informasi Dan Multimedia, 4(1), 86–91. https://doi.org/10.46764/teknimedia.v4i1.107

Hendarman, T. (2020). Prototipe Sistem Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Menara, 18(2), 106–116. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/JurnalMenara/article/view/1272

Hidayati, N. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Melalui Aplikasi Glosarium Islam Berbasis Web untuk Sekolah Menengah Atas di Jombang [Development of PAI Learning Media Through Web-Based Islamic Glossary Application for Senior High Schools in Jombang] [PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG]. In UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/21486/1/18770031.pdf

Ridwan, M., & Irwit Santi, L. (2015). Wakaf Dan Pendidikan : Studi Kasus Di Kabupaten Kudus Jawa Tengah. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 2(2), 401–424. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwif7vb_1NCDAxU72DgGHQg2B5AQFnoECB0QAQ&url=https%3A%2F%2Fjournal.iainkudus.ac.id%2Findex.php%2FZiswaf%2Farticle%2Fdownload%2F1559%2F1430&usg=AOvVaw2JgggzuZOx6CKXsqwN2N_i&opi=89978449

Rohman, R., Andinasari, A., & Wasiran, Y. (2022). Perancangan Prototype Multimedia Interaktif pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Siswa Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 119–128. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.8000

Santi, H. F., & Astuti, I. A. (2020). Pembuatan Prototype Aplikasi Game Edukasi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Journal of Information System Management (JOISM), 1(2), 6–10. https://doi.org/10.24076/joism.2020v1i2.25

Yati, L., & Rahmah, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Menggunakan Motion Graphic Berbasis Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1349–1358.

Yudistira, G. (2023). Mengajarkan Kepada Anak Pentingnya Zakat, Infaq dan Wakaf. BSIMaslahat. https://www.bsimaslahat.org/blog/mengajarkan-kepada-anak-pentingnya-zakat-infaq-dan-wakaf/

Yuliadi, Mahsun, & Adami, M. (2020). Rekayasa Video Profile Sebagai Media Promosi Stmik Syaikh Zainuddin Nw Anjani Menggunakan Teknik Videografi. Jurnal Informatika, Teknologi Dan Sains, 2(4), 234–237. https://doi.org/10.51401/jinteks.v2i4.826




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.3168

Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JUTECH : Journal Education and Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.