PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMKN 1 SINTANG
Abstract
Penelitian ini menginvestigasi pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Informatika di SMKN 1 Sintang. Pendekatan campuran (mixed methods research) dengan desain The Explanatory Sequential digunakan untuk menggabungkan elemen metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi terdiri dari siswa kelas X (708 siswa), dengan sampel 195 siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, studi dokumentasi, dan tes Informatika. Hasil menunjukkan rerata literasi digital siswa adalah 75, menunjukkan pemahaman yang baik terhadap teknologi dalam pembelajaran dan penggunaan sarana digital. Skor hasil belajar siswa total 11034, dengan rerata 56.58. Penelitian mengungkapkan hubungan signifikan antara literasi digital dan hasil belajar siswa, didukung uji prasyarat dan regresi. Guru menerapkan literasi digital inovatif, seperti penggunaan Lab Komputer dan teknologi, mendukung keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulannya, literasi digital berdampak signifikan pada hasil belajar siswa, menghadirkan tantangan kontemporer dalam pendidikan. Dalam kesimpulannya, penerapan literasi digital di SMK Kota Sintang memiliki dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi. Dengan terus menerapkan dan mengembangkan literasi digital ini, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di era digital saat ini dan masa depan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah Rabiatul. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sman 1 Mujur Lombok Tengah.
Aka, K. A. (2017). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2A), 28–37. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041
Alam, S., & Amaliyah, N. (2023). Pengaruh Budaya Literasi Pojok Baca Terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Murid Kelas IV SD Negeri Kassi Kota Makassar. Phinisi Integration Review, 6(3), 469–476.
Awaliyah Annisa Nurul. (2019). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas VIII SMPN 27 Makassar. Eprints Universitas Negeri Makassar.
Hanifah, R., Fauzia, V., Putri, H., & Utari, A. S. (2021). Komodifikasi, Spasialisasi, dan Strukturasi dalam Instagram (Studi Deskriptif Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco pada Instagram Anies Baswedan Terkait Covid-19) Commodification, Spatialization, and Structuring in Instagram (Vincent Mosco’s Descriptive Political Economy Study on Instagram Anies Baswedan Related to Covid-19).
Heni Yati, Ririn Ardini, Yulfian Ibnu Cahyo Widodo, & Parlin Ambarita. (2022). Analisis Penerapan Imbalan Pasca Kerja pada PT Pelangi Warna Chemicals. Jurnal PERKUSI (Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, 2(3), 414–423.
Karim Abdul, Bangun Budianto, Kusmanto, Purnama Iwan, Harahap Syaiful Zuhri, Iirmayani Deci, Nasution Marnis, Haris Mustafa, Rahmadani, & Munthe Ibnu Rasyid. (2020). Pengantar Teknologi Informasi. https://books.google.co.id/books?id=Z7YSEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Nurramdhani, M., Normansyah, A. D., & Sukarliana, L. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn (Penelitian Survei di SMA Negeri 2 Sumedang). In Jurnal Pendidikan West Science (Vol. 01, Issue 07).
Rayhan Zakaria, A. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Dengan Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Mediasi Mahasiswa. 4(1).
Rizal, C., Kom, S., Ulya Anisatur Rosyidah, M., Tri Yusnanto, Mk., Muh Rijalul akbar, Mk., Luqman Hidayat, Mp., & Jan Setiawan, Mp. (2022). LITERASI DIGITAL. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Rosyid Moh. Zaiful. (2020). Prestasi Belajar.
Sayuri, A., Subroto, D. E., & Tabrani, M. B. (2023). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dalam Pembelajaran Peserta Didik Di SMK Madinatul Hadid Cilegon. Journal Innovation in Education (INOVED), 1(3), 147–166. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i3.223
Soraya, S. M., Kurjono, K., & Purnamasari, I. (2023). Pengaruh Literasi Digital Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderator. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 681–687. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4537
Tjalla Awaluddin. (2018). Konsep Literasi dalam Kurikulum 2013.
Tutut Arima, M., Amaliyah, N., Abustang, P. B., & Alam, S. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar FKIP Universitas Megarezky 2) PGSD FKIP Universitas Megarezky. In dkk. Jurnal Pendas Mahakam (Vol. 6, Issue 2).
Wardani Made Agustia Permata, & Rufi’i, H. (2020). 3459-18431-1-PB. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Yunitha Fajarwati, & Indira Irawati. (2012). Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Depok. Library Fakultas Ilmu Pengetahuan Dan Budaya Universitas Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3377
Article Metrics
Abstract view : 216 timesPDF - 57 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JUTECH : Journal Education and Technology
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.