EFEKTIVITAS QRIS PADA EDC MACHINE DALAM CLOSING BILL DI VIRTUAL HOTEL PROGRAM

Bambang Suharto, Sita Arifani Rahayu, Damar Kristanto, Asminar Mokodongan

Abstract


Maraknya penggunaan Internet Of Thing yang merambah industrialisasi dalam bentuk penggunaan pembayaran nontunai menjadi kebutuhan pengusaha dan pelanggan di era teknologi digitalisasi, tetapi sisi negatif juga menjadi kekhawatirannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas sistem penginputan closing bill pada Virtual Hotel Program (VHP) saat menggunakan metode pembayaran QRIS di EDC mesin. Faktor-faktor yang diteliti, seperti kecepatan, akurasi, efisiensi, serta kepuasan pengguna dengan harapan dapat menghemat waktu dan sumber daya. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif yang fokus pada efektivitas penggunaan QRIS pada EDC mesin serta literature review dari jurnal terdahulu. Untuk dapat menghasilkan data yang relevan, peneliti menggunakan cara pengamatan langsung dan menganalisis data transaksional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Electronic Data Capture (EDC) dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan proses pembayaran mesin karena melebihi efektivitas pembayaran tunai, kartu kredit, COD, transfer, ataupun debit, serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. Integrasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dengan sistem Virtual Hotel Program (VHP) secara langsung juga memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi operasional hotel dan mempercepat proses penginputan closing bill.

Keywords


Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), efektivitas, closing bill, Electronic Data Capture (EDC).

Full Text:

PDF

References


. S., dan . E. (2018). Peranan Mesin Elektronik Data Capture (Edc) Sebagai Salah Satu Transaksi Pembayaran Elektronik Pada Bank. Moneter: Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 6(2), 57. https://doi.org/10.32832/moneter.v6i2.2412

Adinda, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gen-Z Dalam Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standars (QRIS) Sebagai Teknologi pembaayaran Digital. Contemporary Studies in Economics, Finance, and Banking (Csefb 01.01.2022), 1(1), 167–176.

Armita, D.A. dan Suharto, B. (2024). Optimalisasi Sistem Pemesanan Online Hotel melalui Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Manajemen Perhotelan Digital: Meningkatkan Pengalaman Tamu dan Efisiensi Operasional. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8(1), 13796—13806.

Buananta, S. E. A dan Christian, L. (2024). Machine Learning Model of Customer Behavior on E-Banking Transaction Using Classification Technique. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 102(7), 2990-3001. https://www-scopus-com.ezproxy.ugm.ac.id/record/display.uri?eid=2-s2.0-85190610410&origin=resultslist

Catharina Christina Jennifer, Marsella Katy, N. A. dan T. L. A. (2023). Continuance Intention on Using E-Payment in Hotel Business. E3S Web of Conferences, 426(02126), 21--28. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202342602126

Christian, M., Yulita, H., Sander, O. A., Sunarno, S., Leonardo, M. C., & Arifin, P. (2024). The Use of Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) in Jakarta: Are Usefulness and Resistance to Technology Stronger Than Perceived Security and Technological Anxiety? Technology Toward Business Sustainability, In 925. pp. 258–266. https://doi.org/10.1007/978-3-031-54019-6_25

Das, A. (2009). Customers provide benefits through the usage of ATM and EDC machines. Journal of Economics, 2(26), 479--501. https://www.math.iitb.ac.in/~ashish/workshop/ATMfees.pdf

Faizani, S. N., dan Indriyanti, A. D. (2021). Analisis Pengaruh Technology Readiness terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Behavioral Intention dari Quick Response Indonesian Standard (QRIS) untuk Pembayaran Digital (Studi …. Journal of Emerging Information …, 2(2), 85–93.ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/39738

Gede, Dyava Savitra; Mahatmaditya, Favian, Rachman Syarief; Bachatsa, Taqqiya; Mirza, Ramadhani; Fairuz, Iqbal Maulana; Gusti, Pangestu. (2024). The user experience questionnaire method is applied to the ETM mobile application to maximise user experience. AIP Conf. Proc, 2927(1), 60--70. https://doi.org/10.1063/5.0192156

Hamzah Muchtar, E., Trianto, B., Maulana, I., Alim, M. N., Marasabessy, R. H., Hidayat, W., Junaedi, E., dan Masrizal. (2024). Quick response code Indonesia standard (QRIS) E-payment adoption: customers perspective. Cogent Business and Management, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2316044

Kiki Lestari. (2022). Literature Review Determinasi Volume Transaksi Di Masa Pandemi Covid 19: Strategi, Teknologi Dan Mobile Banking. Literature Review Determinasivolumetransaksi Dimasa Pandemi Covid 19: Strategi, Teknologi Dan Mobile Banking, 3(3), 1–9. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/888/580

Mustafa Kamal Rokan, D. Y. S. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan QRIS (Quick Response-Code Indonesian Standard) Untuk Mendukung Paperless Di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Medan Padang Bulan. Journal Economy and Currency Study (JECS), 4(2), 1–11. https://doi.org/10.51178/jecs.v4i2.664

Nurdin, Difa Restiti dan Rizki Amalia. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Pengetahuan Tentang Quick Response Code Indonesian Standard (Qris). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(2), 157–173. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i2.55.157-173

Putri, N. I., Munawar, Z., dan Komalasari, R. (2022). Minat Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Pasca Pandemi. Prosiding SISFOTEK, 6(1), 155–160. http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/354

Rafiani, K. M., ;, Yunanda, R. A., R.A.;, Yunanda, dan Rusmanto, T. (2024). Determinants of QRIS Usage as a Digital Payment Tool for MSMES. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 102(3), 1158–1171. https://www-scopus-com.ezproxy.ugm.ac.id/record/display.uri?eid=2-s2.0-85185448108&origin=resultslist

Ramadani Silalahi, P., Tambunan, K., dan Ramadhany Batubara, T. (2022). Dampak Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 122–128.

Ramadhani, R., Rezy, F. A., Herdiyanto, O., dan Waluyo, I. G. (2023). Penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi pada Instansi (Systematic Literature Review). 4(2), 140–149. 10.31932/jutech.v4i2.3014.

Savitra G. D., Syarief M. F. R., Taqqiya B., Ramadhani M., Maulana F. I., dan Pangestu G. (2024). The Application of User Experience Questionnaire Method on the ETM Mobile Application to Maximize User Experience. AIP Conference Proceeding, 2927 (1) 60-70.

Septiana Alisa Salsabila dan Aji Damanuri. (2023). Efektivitas Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada UMKM (Food and Beverage) di Kabupaten Ponorogo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 3(1), 120–127. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v3i1.1700

Wahyudi, Y., Sasongko, G., Fevriera, S., Saraswati, B. D., D., dan Pertiwi, A. T. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan QRIS Pada Pedagang Dan Pelaku Usaha Di Salatiga. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1), 3--7. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1960




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3390

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JUTECH : Journal Education and Technology

Creative Commons License
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.