PENGEMBANGAN E-BOOK MATAKULIAH DESAIN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVIS

Tri Asih Wahyu Hartati, Purwaning Budi Lestari, Nurcholis Istiawan

Abstract


Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting yang harus ada dalam proses pembelajaran. Melihat betapa pentingnya bahan ajar dalam proses pembelajaran maka pengembangan bahan ajar di tingkat perguruan tinggi cukup banyak dilakukan agar dihasilkan bahan ajar yang dapat menunjang proses pembelajaran sehingga menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Salah satu bahan ajar yang belum dikembangkan di Universitas Insan Budi Utomo adalah bahan ajar elektronik (e-book) matakuliah desain dan strategi pembelajaran. Selama ini pengembangan dan penggunaan bahan ajar matakuliah Desain dan Strategi pembelajaran masih terbatas pada pemanfaatan power point presentation (ppt). Belum ada pengembangan bahan ajar elektronik berupa e-book. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar elektronik (e-book) berbasis konstruktivis. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Model ADDIE. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara dan observasi pembelajaran matakuliah Desain dan Strategi Pembelajaran, angket validasi ahli materi, media dan bahasa serta angket respon mahasiswa dan dosen terhadap implementasi produk. Hasil uji kelayakan produk oleh ahli media menunjukkan rata-rata sebesar 94,35%; hasil uji ahli media sebesar 83,45% dan ahli Bahasa sebesar 71,43% keduanya dalam kategori layak dengan predikat bagus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk e-book yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dengan predikat bagus.


Keywords


e-book, konstruktivis

Full Text:

PDF

References


Anindia, E. B. D. (2023). Pentingnya Pemanfaatan Electronic Book (e-book) dalam Membentuk

Moralitas Generasi Z. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(3), 51.

Cintiara, D. A. dkk. (2023). Relevansi Open Educational Resources (E-Book) dalam Penghematan

Finansial Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 384–392.

https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.881

Faza, W. M. dkk. (2023). The Development of E-Book Based on a Scientific Approach To Train Critical

Thinking Ability on the Structure and Function of Plant Tissue Topic. Bioedu Berkala Ilmiah

Pendidikan Biologi, 12(3), 773–786. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and

Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama

Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Maksum, M. P., & Sunarko, B. (2023). the Effect of E-Book Use, Digital Literacy and Availability of

Library Book Collections on Learning Achievement. Soedirman Economics Education Journal,

(Volume 5 No.1), 55–65. https://doi.org/10.32424/seej.v5i1.8275

Nazaruddin, A. (2021). Pengembangan E-Book dalam Pembelajaran.

Www.Bdkbanjarmasin.Kemenag.Go.Id.

https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/artikel/pengembangan-e-book-dalam-pembelajarananang-nazaruddin

Nurazizah, B. dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft

Flipbook Berbasis Kontekstual. JUTECH : Journal Education and Technology, 3(1), 25–39.

Prasetya, D. D., & Dkk, I. (2016). Desain Template Buku Digital EPUB. Prosiding SENTIA 2016 -

Politeknik Negeri Malang, 8, 128–132.

http://sentia.polinema.ac.id/index.php/SENTIA2016/article/view/27/22

Prihatiningtyas, S., Putra, I. A., Wulandari, K., Prihatiningtyas, S., Putra, I. A., & Wulandari, K. (2023).

Volume 5, Nomor 1, Juni 2024

Reconstruction of Electronic Textbooks ( E-Books ) Assisted by Flip Pdf Professional on Optical

Instruments. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 78–85.

Rohinah, R. (2016). Pengembangan Aplikasi Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Android

di Sekolah Menengah Atas. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 79–94. http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1090

Rosmawati, W. (2023). Efektifitas Penggunaan E-Book untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis

Peserta Didik. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 979–1002.

https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1172

Sukiman, S. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Pada

Mata Kuliah Penelitian Sastra. Education & Learning, 2(2), 98–104.

https://doi.org/10.57251/el.v2i2.381

Susilo, F. A. N. dkk. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan Media

Pembelajaran Smartphone pada Mata Pelajaran Kearsipan Kompetensi Dasar Menerapkan

Prosedur Pemeliharaan Arsip Kelas X APK SMK Muhammadiyah 1 Lamongan. Journal of Office

Administration : Education and Practice, 1(2), 179–195.

https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p179-195

Ulandari, M., Lesmana, C., & Santoso, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada

Mata Pelajaran Inforrmatika Kelas VII SMP LKIA Pontianak. Glosains: Jurnal Sains Global

Indonesia, 3(2), 49–61. https://doi.org/10.59784/glosains.v3i2.86

Utomo, A. B., Yelianti, U., & Wicaksana, E. J. (2018). Pengembangan E-Book Berbasis Mobile

Learning Pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan Development of Mobile Learning Ebook for

Plant Structure Course. 11, 95–106.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3587

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JUTECH : Journal Education and Technology

Creative Commons License
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.