IMPLEMENTASI RAPIDMINER UNTUK CLESTERING DATA PENJUALAN PAKAIAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS

Idham Idham, Herliana Rosika, Yuliadi Yuliadi

Abstract


Pada penelitian penjualan produk pakaian ini, terlihat data transaksi penjualan tidak terdata dengan baik. Dengan adanya masalah ini maka kami perlu melakukan analisis untuk mengelompokkan katagori pakaian. Dalam proses pengelompokkan data penjualan berfokus pada penerapan metode K-Means Clustering untuk mengelompokkan transaksi penjualan, dengan tujuan mengidentifikasi pola dan tren pelanggan. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah melakukan segmentasi transaksi penjualan guna memahami perilaku pelangan dengan lebih baik dan membantu pemilik dalam pengambilan keputusan yang lebih efektif. Dalam penelitian ini, menggunakan Metode K-Means  sebagai metode perhitungan secara manual adan dalam implementasinya menggunakan RapidMiner. Penerapan  metode K-Means berhasil mengelompokkan transaski penjualan menjadi beberapa cluster. Setiap cluster menujukkan karakteristik yang berbeda seperti frekuensi pembelian, nilai transaksi dan preferensi produk. Clustering transaksi penjualan menggunakan metode K-Means memberikan nilai tambah bagi pemilik dalam memahami perilaku pelanggan, strategi pemasaran dan segmentasi pasar.


Keywords


Method K-Means, Clustering, Rapidminer, Sales, Purchasing, Marketing

Full Text:

PDF

References


Al-Rizki, Muhammad Farid Iqbal, Ida Widaningrum, and Ghulam Asrofi Buntoro. 2020. “Prediksi Penyebaran Penyakit TBC Dengan Metode K-Means Clustering Menggunakan Aplikasi Rapidminer.†JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) 5(1): 1.

Anggraeni, Hapsari Dita, Ragis Saputra, and Beta Noranita. 2013. “Aplikasi Data Mining Analisis Data Transaksi Penjualan Obat Menggunakan Algoritma Apriori.†Journal of Informatics and Technoligy 2(2): 22–28. https://www.cambridge.org/core/product/identifier/CBO9781139058452A007/type/book_part.

Aprilla Dennis. 2013. “Belajar Data Mining Dengan RapidMiner.†Innovation and Knowledge Management in Business Globalization: Theory & Practice, Vols 1 and 2 5(4): 1–5. http://esjournals.org/journaloftechnology/archive/vol1no6/vol1no6_6.pdf%5Cnhttp://www.airccse.org/journal/nsa/5413nsa02.pdf.

Budiyasari, Vernanda Novrini et al. 2017. “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Dengan Menggunakan Algoritma Apriori.†Indonesian Journal on Computer and Information Technology 2(2): 31–39.

Melpa Metisen, Benri, and Herlina Latipa Sari. 2015. “Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila.†Jurnal Media Infotama 11(2): 110–18.

Normah, Bakhtiar Rifai, Satrio Vambudi, and Rifki Maulana. 2022. “Analisa Sentimen Perkembangan Vtuber Dengan Metode Support Vector Machine Berbasis SMOTE.†Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI 8(2): 174–80. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/13041/pdf.

Rafi Nahjan, Muhammad, Nono Heryana, and Apriade Voutama. 2023. “Implementasi Rapidminer Dengan Metode Clustering K-Means Untuk Analisa Penjualan Pada Toko Oj Cell.†JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 7(1): 101–4.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3642

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JUTECH : Journal Education and Technology

Creative Commons License
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.