ANALISIS IMPLEMENTASI WINDOWS 10 DAN 11 DI PENDIDIKAN: EVALUASI BIAYA, USABILITY, KINERJA
Abstract
Implementasi sistem operasi Windows dalam lingkungan pendidikan memainkan peran krusial dalam mendukung efektivitas proses belajar-mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja, biaya, dan aspek usability dari sistem operasi Windows, khususnya Windows 10 dan 11, dalam konteks institusi pendidikan. Melalui pendekatan studi literatur dan analisis data sekunder dari jurnal akademik, laporan institusi, dan studi empiris menggunakan System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ), ditemukan bahwa Windows menawarkan antarmuka yang familiar dan kompatibilitas luas dengan berbagai perangkat lunak pendidikan, sehingga meningkatkan produktivitas dan kenyamanan pengguna. Namun, aspek biaya lisensi dan kebutuhan perangkat keras yang lebih tinggi dibandingkan sistem operasi open-source menjadi pertimbangan signifikan bagi institusi dengan keterbatasan anggaran. Dari sisi usability, evaluasi menggunakan metode SUS menunjukkan bahwa pengguna mahir (expert) memiliki skor kepuasan 70,25 (dapat diterima) dibandingkan pengguna pemula (novice) dengan skor 57,875 (cukup baik), yang menghadapi tantangan dalam navigasi dan kompatibilitas perangkat. Selain itu, studi terhadap Windows 11 menggunakan UEQ mengindikasikan bahwa aspek daya tarik dan kejelasan mendapat penilaian positif, sementara aspek kebaruan memerlukan peningkatan. Kesimpulannya, meskipun Windows menyediakan lingkungan yang mendukung pembelajaran digital, institusi pendidikan perlu mempertimbangkan keseimbangan antara kinerja, biaya, dan kemudahan penggunaan dalam memilih sistem operasi yang sesuai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryanto Nur, A. B. (2024). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP OS (OPERATING SYSTEM) WINDOWS 11. Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek.
Digital Viva. (2023). Perbandingan fitur Windows 10 dan Windows 11 untuk kebutuhan sekolah.
L W Wijaya, F. S. (2024). Analisis User Experience pada Sistem Operasi Windows 11 Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi.
Magnaye, N. A. (2024). A case study of Windows 11 operating system for inexperienced users. Intelligent Control and System Engineering, 1(1), 239.
Muyu, R., Poluakan, C., & Yeremia, U. E. B. (2022). Usability testing on desktop-based operating systems with university users. International Journal of Information Technology and Education, 1(1), 94–98.
Pratama, R. D., & Nugroho, H. (2023). Performance optimization on multi-core processors and Windows 10 vs Windows 11. Expertnet Journal, 4(1), 45–52.
Scalefusion. (2022). Windows 10 untuk pendidikan: Manfaat Windows 10 untuk pelajar.
Universitas Islam Indonesia. (2021). Layanan lisensi Windows dan Office 365 untuk mahasiswa UII [Layanan BSI UII]. UII. Diakses dari situs resmi BSI UII.
Universitas Negeri Yogyakarta. (2021). 38 ribu sivitas akademika UNY difasilitasi lisensi Microsoft Windows 10 dan Office 365 [Laporan resmi]. UNY. Diakses dari UNY.
Wulandari, H., Suherman, S., & Razali, R. (2022). Pelatihan administrasi sistem jaringan berbasis Windows pada guru dan siswa (studi kasus: SMK Madani Marendal I). Reswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 185–190.
Yusdani, M. P., Utomo, D. S., & Fathimahhayati, L. D. (2017). Analisis usabilitas sistem operasi Windows 10 pada pengguna expert dan novice (Studi kasus: mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman). Matrik: Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, 17(1), 16–23
DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v6i1.4907
Article Metrics
Abstract view : 184 timesPDF - 167 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Elin Nurjanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.