EKSPLORASI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF DI ERA DIGITAL

Lucky Anjarwati, Ary Purmadi

Abstract


Revolusi era digital saat ini telah membuka peluang untuk inovasi dalam dunia pendidikan, termasuk pemanfaatan platform desain pembelajaran seperti canva, pada era digital teknologi saat ini penerapan media pembelajaran interaktif menjadi kebutuhan mendesak dalam pendidikan. Namun, masih banyak pendidik yang menghadapi kendala dalam merancang media yang menarik dan interaktif.  Penelitian ini didasari oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang interaktif, inovatif, dan mudah diakses guna meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran serta bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan media pembelajaran canva sebagai sarana interaktif, yang berfokus pada kelebihan dan kekurangan penerapannya termasuk fitur-fitur yang dapat mendukung interaktivitas. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kajian literatur, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon pengguna terhadap media pembelajaran berbasis canva sangat positif meskipun beberapa masih memiliki kendala dalam penerapannya namun canva masih sesuai untuk digunakan sebagai alat pendukung pembelajaran di era digital ini. Sehingga bisa disimpulkan bahwa penelitian ini memberikan gambaran bahwa canva mampu bersaing sebagai media yang efektif dan interaktif untuk pembelajaran dan penerapan canva dapat diarahkan pada pengembangan modul pelatihan untuk guru serta eksplorasi lebih lanjut guna meningkatkan efektivitas penerapan canva dalam berbagai konteks pembelajaran

Keywords


Canva, Era Digital; Media Interaktif; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arifannisa, M. Y., Hayati, S., & Sepriano, I. N. W. A., Putu S. U. P., & Pongpalilu, F. (2023). Sumber & pengembangan media pembelajaran (teori & terapan). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Aulia, D., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Pengaruh multimedia interaktif berbasis Canva terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 32–41. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.181

Belawati, T., dkk. (2023). Inovasi pembelajaran. Universitas Terbuka.

Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran media interaktif dalam pembelajaran di era revolusi industri. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, Jurnal Mercubuana Yogyakarta, 2(1).

Indrawijaya, S., & Siregar, A. P. (2022). Peningkatan kreativitas melalui penerapan pembelajaran team based project pada mata kuliah desain komunikasi visual. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 268–273. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.301

Indriani, C. (2024). Pengaruh penggunaan aplikasi Canva dalam media pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 330–339. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.505

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva sebagai media pembelajaran yang efektif. Indonesian Journal of Education and Humanity, 2(4). https://doi.org/10.xxxx/ijeh.2022.v2i4

Nurdyansyah. (2019). Media pembelajaran inovatif. UMSIDA Press.

Purba, R. A., Mawati, A. T., Ardiana, D. P. Y., Pramusita, S. M., Bermuli, J. E., Purba, S. R. F., ... & Recard, M. (2021). Media dan teknologi pembelajaran.

Rozali, YA (2022, Januari). Penggunaan analisis konten dan analisis tematik. Dalam Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah (Vol. 19, p. 68).

Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 9680–9694.

Sobandi, A., Yuniarsih, T., Meilani, R. I., & Indriarti, R. (2023). Pemanfaatan fitur aplikasi Canva dalam perancangan media pembelajaran berbasis pendekatan microlearning. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(1), 98–109. https://doi.org/10.17509/jpm.v8i1.51920

Suyuti, P. M. E. W., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis efektivitas penggunaan teknologi dalam pendidikan terhadap peningkatan hasil belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11.

Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023, Oktober). Pemanfaatan aplikasi desain grafis Canva dalam pembelajaran multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Dalam Prosiding Seminar Nasional Ilmu-Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, hlm. 732–742).

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2).

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan menyajikan teks tanggapan kritis melalui pembelajaran berbasis proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media video pembelajaran kreatif, inovatif, dan kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2). E-ISSN: 2621-1467. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1025




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v6i1.4940

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lucky Anjarwati, Ary Purmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.