EKSPLORASI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF DI ERA DIGITAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifannisa, M. Y., Hayati, S., & Sepriano, I. N. W. A., Putu S. U. P., & Pongpalilu, F. (2023). Sumber & pengembangan media pembelajaran (teori & terapan). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Aulia, D., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Pengaruh multimedia interaktif berbasis Canva terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 32–41. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.181
Belawati, T., dkk. (2023). Inovasi pembelajaran. Universitas Terbuka.
Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran media interaktif dalam pembelajaran di era revolusi industri. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, Jurnal Mercubuana Yogyakarta, 2(1).
Indrawijaya, S., & Siregar, A. P. (2022). Peningkatan kreativitas melalui penerapan pembelajaran team based project pada mata kuliah desain komunikasi visual. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 268–273. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.301
Indriani, C. (2024). Pengaruh penggunaan aplikasi Canva dalam media pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 330–339. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.505
Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva sebagai media pembelajaran yang efektif. Indonesian Journal of Education and Humanity, 2(4). https://doi.org/10.xxxx/ijeh.2022.v2i4
Nurdyansyah. (2019). Media pembelajaran inovatif. UMSIDA Press.
Purba, R. A., Mawati, A. T., Ardiana, D. P. Y., Pramusita, S. M., Bermuli, J. E., Purba, S. R. F., ... & Recard, M. (2021). Media dan teknologi pembelajaran.
Rozali, YA (2022, Januari). Penggunaan analisis konten dan analisis tematik. Dalam Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah (Vol. 19, p. 68).
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 9680–9694.
Sobandi, A., Yuniarsih, T., Meilani, R. I., & Indriarti, R. (2023). Pemanfaatan fitur aplikasi Canva dalam perancangan media pembelajaran berbasis pendekatan microlearning. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(1), 98–109. https://doi.org/10.17509/jpm.v8i1.51920
Suyuti, P. M. E. W., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis efektivitas penggunaan teknologi dalam pendidikan terhadap peningkatan hasil belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11.
Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023, Oktober). Pemanfaatan aplikasi desain grafis Canva dalam pembelajaran multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Dalam Prosiding Seminar Nasional Ilmu-Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, hlm. 732–742).
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2).
Triningsih, D. E. (2021). Penerapan aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan menyajikan teks tanggapan kritis melalui pembelajaran berbasis proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media video pembelajaran kreatif, inovatif, dan kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2). E-ISSN: 2621-1467. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1025
DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v6i1.4940
Article Metrics
Abstract view : 140 timesPDF - 151 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lucky Anjarwati, Ary Purmadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.