PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI DALAM PENILAIAN KUALITATIF VISIBILITAS WARNA DAN KETERBACAAN TEKS PADA SISTEM DESAIN BERDASARKAN STANDAR AKSESIBILITAS WCAG 2.1
Abstract
Aksesibilitas digital, khususnya visibilitas warna dan keterbacaan teks, menjadi elemen krusial dalam desain antarmuka yang inklusif. Namun, evaluasi konvensional berbasis WCAG 2.1 cenderung kuantitatif dan kaku, gagal menangkap persepsi visual manusia yang subjektif. Penelitian ini menghasilkan FuzzChecker, aplikasi web berbasis metode Fuzzy Mamdani yang mengintegrasikan standar WCAG 2.1 untuk mengevaluasi aksesibilitas visual pada sistem desain. Sistem ini menawarkan pendekatan human-centered yang lebih fleksibel dibandingkan metode konvensional yang bersifat deterministik. Dengan model pengembangan waterfall, FuzzChecker memproses variabel input seperti dimensi perangkat, ukuran teks, luminositas, dan saturasi melalui tahapan fuzzifikasi, inferensi berbasis aturan, dan defuzzifikasi metode centroid. Aplikasi ini, yang telah di-deploy di Vercel, menghasilkan dua output: skor kontras sesuai WCAG dan visibilitas kontekstual berdasarkan kondisi perangkat. Pendekatan fuzzy logic ini efektif dalam membantu desainer menciptakan desain digital yang inklusif, terutama bagi pengguna dengan keterbatasan visual, secara intuitif dan adaptif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Beier, S., Berlow, S., Boucaud, E., Bylinskii, Z., Cai, T., Cohn, J., Crowley, K., Day, S. L., Dingler, T., Dobres, J., Healey, J., Jain, R., Jordan, M., Kerr, B., Li, Q., Miller, D. B., Nobles, S., Papoutsaki, A., Qian, J., Wolfe, B. (2022). Readability Research: An Interdisciplinary Approach. Foundations and Trends® in Human–Computer Interaction, 16(4), 214–324. https://doi.org/10.1561/1100000089
Cahyahadi, M., & Setiyawati, N. (2022). Web Accessibility Testing for Visually Impaired People in Indonesia. 72. https://doi.org/10.3390/proceedings2022082072
Chrysafiadi, K., Virvou, M., & Tsihrintzis, G. A. (2023). A Fuzzy-Based Evaluation of E-Learning Acceptance and Effectiveness by Computer Science Students in Greece in the Period of COVID-19. Electronics (Switzerland), 12(2). https://doi.org/10.3390/electronics12020428
Fatimah, S., Hanafi, A., Kharisma, & Jannah, A. R. (2023). EVALUASI PADA WEBSITE SRAGENKAB.GO.ID MENGGUNAKAN METODE WEB USABILITY EVALUATION (WEBUSE) DAN WEB CONTENT ACCESSIBILITY GUIDELINES (WCAG) 2.1. Teknomatika: Jurnal Informatika dan Komputer, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.30989/teknomatika.v16i1.1105
Fithriyaningrum, D., Kusumawardani, S. S., & Wibirama, S. (2022). Accessibility Analysis of Learning Management System Websites. IJID (International Journal on Informatics for Development), 11(1), 162–171. https://doi.org/10.14421/ijid.2022.3485
Hakim, H. Q. I., Bilqis, S. S., Ramadhani, R., & Vindua, R. (2025). TINJAUAN LITERATUR: EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB DI PERGURUAN TINGGI. JUTECH: Journal Education and Technology, 6(1), 74–86. https://doi.org/10.31932/jutech.v6i1.4845
Inal, Y., Mishra, D., & Torkildsby, A. B. (2022). An Analysis of Web Content Accessibility of Municipality Websites for People with Disabilities in Norway: Web Accessibility of Norwegian Municipality Websites. Nordic Human-Computer Interaction Conference, 1–12. https://doi.org/10.1145/3546155.3547272
Iskandar, R., Setiadi, R., Septiyanto, A., & Tuntinakhongul, A. (2023). Web Accessibility Analysis of Indonesia Inclusive Vocational High Schools. Dalam Proceedings of the 4th Vocational Education International Conference (VEIC 2022) (hlm. 355–367). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-47-3_41
Paul, S. (2023). Accessibility analysis using WCAG 2.1: Evidence from Indian e-government websites. Universal Access in the Information Society, 22(2), 663–669. https://doi.org/10.1007/s10209-021-00861-9
Pujiady, E. N. F., Prasetia, A. D., & Andria, A. (2025). Rancang Bangun Sistem Informasi Arsip Digital Catatan Sipil Kabupaten Magetan Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 25–48. https://doi.org/10.56211/helloworld.v4i1.705
Putra, A. P., Fiolana, F. A., & Kusumastutie, D. A. W. (2021). Penerapan Koreksi Warna Pada Citra Bagi Penyandang Buta Warna Parsial. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC, 8(1), 26–29. https://doi.org/10.21107/triac.v8i1.10246
Putri, S. N., & Saputro, D. R. S. (2021). Construction fuzzy logic with curve shoulder in inference system mamdani. Journal of Physics: Conference Series, 1776(1), 012060. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012060
Rafiqh, M., & Ismail, &. (2023). Perancangan UI & UX Aplikasi Pariwisata Kota Berbasis Android Di Kota Dki Jakarta (Vol. 4, Nomor 2).
Rifanti, U. M., Pujiharsono, H., & Pradana, Z. H. (2023). Implementasi Logika Fuzzy Pada Penilaian Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 12(1), 250–260. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v12i1.50057
Simhadri, N., & K, C. (2023). Web accessibility Evaluation of private and government websites for people with Disabilities through Fuzzy Classifier in USA. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-2829103/v1
Spyridonis, F., & Zad, D. D. (2021). A serious game to improve engagement with web accessibility guidelines. Behaviour & Information Technology, 40(6), 578–596. https://doi.org/10.1080/0144929X.2019.1711453
Tri Lestari, D., Hafiar, H., Chandratama Priyatna, C., Studi Hubungan Masyarakat, P., Ilmu Komunikasi, F., & Padjajaran, U. (2024). Analisis Aksesibilitas Website Kementerian di Indonesia Sebagai Implementasi dari E-Government. 2(1), 2024.
WebAIM. (2025). WebAIM: The WebAIM Million—The 2025 report on the accessibility of the top 1,000,000 home pages. The WebAIM Million. https://webaim.org/projects/million/
DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v6i1.4944
Article Metrics
Abstract view : 154 timesPDF - 55 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Ali Pratama Putra, Akhmad Zaqi Riyadi, Rizki Purnomo Pratama, M. Ridha Ansari Adriansyah, Mouhammad Tariqoul Qalam, Fadil Indra Sanjaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.