ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI REMINDER TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS MAHASISWA: DI UNIVERSITAS PAMULANG

Zurnan Alfian, Medina Fikanti, Kartika Nazawa Sri Utami, Niken Ayu Resdiana

Abstract


Penggunaan Aplikasi Reminder berbasis android terhadap peningkatan kedisiplinan mahasiswa. Studi ini meneliti bagaimana karakteristik fitur – fitur Aplikasi pengingat, seperti pemberitahuan dan pengaturan berulang, berkontribusi pada peningkatan survei majemen waktu dan tugas – tugas mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode teknik instrumental pengumpulan data dan analisis data. Untuk mengukur kedisiplinan mahasiswa sebelum dan sesudah penggunaan aplikaasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa jadi lebih disiplin terutama dalam majemen waktu setelah penggunaan aplikasi reminder ini. Penelitian ini memberikan wawasan tentang efektivitas aplikasi pengingat berbasis androit dalam meningkatkan kedisiplinan mahsiswa dan dapat memberikan informasi berharga untuk mengembangkan aplikasi sejenis dimasa mendatang.

Keywords


Aplikasi Reminder; Berbasis Android; Peningkatan Kedisiplinan Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Irawan, A. D., & Utami, W. S. (2023). Aplikasi Reminder Jadwal Kuliah dan Tugas Mahasiswa Berbasis Android. JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika, 5(2), 288–300 – Membahas komponen teknis dan fungsional aplikasi reminder untuk mahasiswa.

Putri, R. A., & Yuliana, D. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi mobile terhadap peningkatan produktivitas belajar mahasiswa. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, 9(2), 122–130.

Suryani, R., & Ramadhan, A. (2022). Analisis penggunaan aplikasi pengingat tugas terhadap peningkatan produktivitas akademik mahasiswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 88–97.

Veri Ilhadi, Ardiansyah, D., & Muthmainnah, M. (2022). Aplikasi Reminder Jadwal Kegiatan Berbasis Mobile. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 6(1) ioinformatic.org+2ojs.unimal.ac.id+2researchgate.net+2

– Studi implementasi reminder pop-up dan fitur SQLite untuk meningkatkan kepatuhan jadwal harian.

Marton, M., Diana, D., Saputra, S. A., & Reswan, Y. (2022). Aplikasi Dokumen Elektronik Mahasiswa Menggunakan Teknologi Reminder Berbasis Android. JUKOMIKA, 5(1), 13–21 ojs.unimal.ac.idjurnal.ikhafi.or.id

– Menganalisis penggunaan fitur reminder dalam konteks aplikasi dokumentasi mahasiswa.

Siti Monalisa & Kurniadi, B. (2019). Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Skripsi dengan Reminder System untuk Mahasiswa. Digital Zone, 10(1), 23–32 journal.arikesi.or.id+14journal.unilak.ac.id+14jurnal.ikhafi.or.id+14

– Mendalami reminder sebagai alat bantu penyelesaian tugas skripsi tepat waktu.

Maulana, A., Wardana, F. B., & Hanafri, M. I. (2023). Aplikasi Jadwal Pintar Berbasis Gamifikasi untuk Optimalkan Produktivitas Waktu Mahasiswa. JTIM, 6(2) journal.sekawan-org.id+1journal.arikesi.or.id+1

– Walaupun berbasis gamifikasi, memberikan gambaran statistik nyata dalam peningkatan produktivitas pengguna (p < 0.05).

Aula, S. T., & Shifa, R. N. (2023). Analisis Strategi Manajemen Waktu dalam Meningkatkan Produktivitas Belajar untuk Menghindari Stres Akademik. Observasi: Jurnal Psikologi, 2(3) journal.arikesi.or.id

– Menguatkan landasan teoritis terkait hubungan antara strategi waktu dan produktivitas akademik.

Azlin, R. A. Sabirin, and I.K.D. Mardikayasa, “APLIKASI PENGINGAT KEGIATAN AKADEMIK BERBASIS ANDROID,” Jurnal Informatika, vol. 10, no. 1, 2021.

Marlina, Masnur, and Muh. Dirga. F, “APLIKASI E-LEARNING SISWA SMK BERBASIS WEB,” Jurnal Sintaks Logika (JSilog), vol. 1, no. 1, pp. 8–17, 2021, Accessed:Oct.09,2023.[Online].Available: https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog

Choirunisa, F., Salsabillah, S. P., & Dos Santos, A. (2024). Pengaruh Manajemen Waktu dan Kompetensi Terhadap Keberhasilan Implementasi Modul Eduwisata dengan Kinerja Mentor sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus KISUCI). IKRA-ITH EKONOMIKA, P-ISSN : 2654-4946 E-ISSN : 2654-7538, DOI: 10.37817/IKRAITH-EKONOMIKA.

M. R. M. Nanda and I. H. Ikasari, “PENERAPAN APLIKASI PENGINGAT JADWAL KEGIATAN PENGGABUNGAN WAKTU DAN TANGGAL BERBASIS ANDROID,” OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science, vol. 2, no. 7, pp. 1940–1949, 2023.

A. C., . D. A., . I. M., & . N. K. (2023). Peran Aplikasi Notion dalam Perkuliahan untuk Mewujudkan Produktivitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(1), 262–273. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.754

Anggraini, Z., & Santoso, H. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Asana Sebagai Platform Digital Kolaboratif dalam Meningkatkan Produktivitas Proyek Mahasiswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1), 38–46.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v6i1.4957

Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Zurnan Alfian, Medina Fikanti, Kartika Nazawa Sri Utami, Niken Ayu Resdiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.