DESAIN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA: STUDI PENGEMBANGAN PADA MATA KULIAH INOVASI PENDIDIKAN

Winda Anggriyani Uno, Ulan Bidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran interaktif berbasis multimedia pada mata kuliah Inovasi Pendidikan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya pemanfaatan media pembelajaran digital interaktif di perguruan tinggi, khususnya dalam pembelajaran mata kuliah yang berorientasi pada inovasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation ). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi ahli, angket respons mahasiswa, dan lembar observasi. Pada tahap analisis, sebanyak 88% mahasiswa menyatakan pembelajaran konvensional kurang menarik dan 76% merasa kurang memahami konsep inovasi.Pada tahap perancangan, rancangan storyboard dan konten dinilai oleh dua ahli dan memperoleh rata-rata skor 4,6 dari skala 5.Pada tahap pengembangan, media yang dikembangkan mendapat skor rata-rata validasi 4,7 (kategori “Sangat Layak”) dari ahli media dan 4,5 dari ahli materi.Pada tahap implementasi, 25 mahasiswa menggunakan media dalam 3 sesi pertemuan; hasil angket menunjukkan kepuasan di atas 90%.Pada tahap evaluasi, hasil pretest rata-rata 56 dan posttest 94 menunjukkan peningkatan signifikan dengan N-Gain sebesar 0,75 (kategori tinggi). Dengan demikian, kesimpulan dari hasil penelitian ini desain pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Inovasi Pendidikan.

Keywords


multimedia learning; interactive design; educational innovation; teacher education; digital learning

Full Text:

PDF

References


Amaria, W. O. L., Hanifah, N., & Karlina, D. A. (2024). Pengembangan media aplikasi GAPEN untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas 4 sekolah dasar. JUTECH: Journal of Education and Technology, 5(1), 114–125.

Anjarwati, L., & Purmadi, A. (2025). Eksplorasi penerapan media pembelajaran Canva sebagai media interaktif di era digital. JUTECH: Journal of Education and Technology, 6(1), 132–141.

Arifin, Z., & Widodo, W. (2019). The effectiveness of interactive multimedia to improve students' learning outcomes in elementary school. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 167–175.

Kusnadi, K., & Rachman, M. (2022). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pedagogik dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 34–45.

Maya U,.& Chandra L (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP. 3(2), 123-137

Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Sari, N. P., Hidayat, A., & Prasetyo, Z. K. (2020). Interaktifitas media pembelajaran berbasis TIK dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.30789

Suparman, M. A. (2017). Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Sutopo, H. B., & Arifin, S. (2021). Evaluasi media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pendidikan tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 5(2), 112–120.

Taufik, M., & Yunita, D. (2020). Inovasi media pembelajaran interaktif berbasis video animasi pada perkuliahan pendidikan karakter. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(3), 100–107.

Titin, T., Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023). Memahami media untuk efektifitas pembelajaran. JUTECH: Journal of Education and Technology, 4(2), 111–122.

Tri A.,& Purwaning B. (2024). Pengembangan E-Book Matakuliah Desain Dan Strategi Pembelajaran Berbasis Konstruktivis. JUTECH: Journal of Education and Technology, 5(1), 156-168

Widiastuti, R., & Mahardika, I. G. (2018). Multimedia interaktif dalam meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(1), 91–102.

Widodo, S. A., & Wahyudin, D. (2021). Improving students’ learning outcomes through project-based learning with interactive multimedia. International Journal of Instruction, 14(1), 181–198. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14111a

Yuliana, L., & Hasanah, U. (2022). Perancangan media ajar berbasis multimedia interaktif dalam pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 19(2), 125–134.




DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v6i1.5123

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Winda Anggriyani Uno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.