PERAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENGOPTIMALKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan teknologi digital dalam mengoptimalkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat Madrasah Aliyah. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan observasi dan wawancara dengan guru PAI dan siswa untuk mengumpulkan data terkait implementasi teknologi dalam proses pembelajaran. Temuan mempertunjukkan bahwasannya penerapan teknologi digital, seperti Learning Management System (LMS), telah mengoptimalkan motivasi dan keikutsertaan siswa dalam belajar. Meskipun terdapat beberapa tantangan, termasuk aksesibilitas teknologi yang bervariasi antara siswa dan guru, hasil penelitian mempertunjukkan bahwasannya dengan dukungan yang tepat, teknologi dapat memperkaya pembelajaran PAI dan mendorong kemandirian siswa. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut juga disarankan agar pembelajaran berbasis teknologi dapat lebih efektif dan menyeluruh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, T., & Amir, H. (2024). Exploring Strategic Adaptation in MSMEs during the Digital. Business Administration and Entreneurship Innovation (J BAEI), 01(2), 2–5.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka cipta.
Ayudhia, A., Muliani, E., & Maulidiah, S. R. (2024). Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Dalam Era Globalisasi. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(3), 646–655. http://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/article/view/1048%0Ahttps://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/article/download/1048/908
Devintya Putriana, Adinda Qurrotul Aini, Akmal Irsyad, & Mu’alimin Mu’alimin. (2024). Revolusi Digital dalam Pendidikan Islam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Integrasi Teknologi. Reflection : Islamic Education Journal, 1(4), 200–210. https://doi.org/10.61132/reflection.v1i4.263
Khosyiin, M. I., In’am, A., & Khoiiri, M. Y. (2024). Penerapan Teknologi Digital dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Pendidikan Islam. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 137–142. https://doi.org/10.56854/sasana.v3i1.380
Sugianto, O., Munawaroh, L., Supriani, I., Nur Cahyono, H., & Nyairoh, N. (2023). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.59525/ijois.v4i1.197
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D,. Alfabeta.
Wiyono, M. (2025). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.63477/jupendia.v1i1.203
Yansyah, D., Sunandar, D., Antoni, R., Hati, S., Ad-Da, S., Lebak, wah, Tb Hasan Cimesir Rangkasbitung Lebak-Banten, J., Tinggi Pesantren Darunna, S., STPDN Lebak, im, & Kalanganyar, D. (2025). Penerapan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal on Education, 07(02), 12756–12764.
DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v6i1.5143
Article Metrics
Abstract view : 48 timesPDF - 38 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Suparno Suparno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.