PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN LETAK GEOGRAFIS KABUPATEN DAN KOTA DI INDONESIA BERBASIS ANDROID
Abstract
Indonesia merupakan negara kepulauan dengan ribuan pulau yang terbagi dalam berbagai kabupaten dan kota, sehingga pemahaman mengenai letak geografis wilayah menjadi hal penting yang perlu ditanamkan sejak dini kepada siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi interaktif berbasis android yang memperkenalkan letak geografis kabupaten dan kota di Indonesia secara menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar. Pengembangan game dilakukan menggunakan metode waterfall yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, serta pemeliharaan. Untuk memastikan fungsionalitas dan kualitas perangkat lunak yang dikembangkan, dilakukan pengujian menggunakan metode blackbox testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur dalam game berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan mampu meningkatkan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran geografi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa game edukasi ini efektif digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang interaktif dan mendukung pemahaman letak geografis wilayah Indonesia di tingkat sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI “INDONESIAKU” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI ANAK SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Easter, F., Palilingan, V. R., & Djamen, A. C. (2022). Pengembangan Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Mobile untuk Siswa PAUD. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 259–267. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4679
Namira, S. E. A., & Zuhdi, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Peta Informasi Suku Budaya ( Petinsuba ) Berbasis Android Untuk Siswa Kelas V Sd. Jpgsd, 10(4), 771–781. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46551%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46551/39174
Nurrohman, A. (2021). Analisis Edugame Berbasis Android. Sinasis, 247(1), 3–4.
Pemerintah Pusat. (2022). Undang-undang (UU) Nomor 29 Tahun 2022 Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya. Jdih Bpk Ri, 145030, 1–14. https://peraturan.bpk.go.id/Details/232726/uu-no-29-tahun-2022
Premana, A., Wijaya, A. P., Yono, R. R., & Hayati, S. N. (2022). Media Pembelajaran Pengenalan Bahasa Pemrograman Pada Anak Usia Dini Berbasis Game. Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri Dan Teknik Informatika, 23(2), 66–75. https://doi.org/10.37817/tekinfo.v23i2.2597
Qodr, T. S. (2020). Media Pembelajaran Game Geograpiea untuk Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2), 45. https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.29
Stefvany, S., & Athira Hadma, O. (2022). Board Game Edukatif Tentang Ibu Kota Provinsi Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 4(1), 26–31. https://doi.org/10.35134/judikatif.v4i1.49
Suryana, D., Karmila, D., & Mahyuddin, N. (2023). Pengembangan Game Interaktif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Matematika Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3084–3096. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3934
Volume, J., Tahun, N., Pendidikan, J., Yunita, H., Aku, F. A., & Angkasa, S. (2020). Research & Learning in Primary Education Mengenal Provinsi di Indonesia Melalui Game Edukasi. 2(2).
DOI: https://doi.org/10.31932/jutech.v6i1.5163
Article Metrics
Abstract view : 76 timesPDF - 35 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fikri Ikmalul Ilmi, Agyztia Premana, Bambang Irawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JUTECH: Journal Education and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.