PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA SEKOLAH DASAR

Mia Imayatus Sa'adah, Dian Kusmaharti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung siswa yang disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah faktor internal yang berasal dari diri siswa itu sendiri, yaitu minimalnya latihan dalam pembelajaran matematika, sehingga ingatan siswa mengenai materi yang telah diajarkan oleh guru cepat tercapai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran TGT (teams games tournament) berbantuan media wordwall terhadap kemampuan berhitung siswa pada materi operasi penghitungan campuran kelas 4 SDN Kepuh Kiriman 1 Waru. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif Quasi Experiment Design dengan Posttest Only Control Design . Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SDN Kepuh Kiriman 1 Waru dengan sampel siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelas 24 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Tes dan observasi dengan instrumen penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi aktivitas pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji T dengan perendaman uji normalitas dan uji homogenitas, dihitung menggunakan uji t uji sampel independen lalu disimpulkan pada uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran TGT ( tim permainan turnamen ) berbantuan media wordwall terhadap kemampuan berhitung siswa pada materi operasi menghitung campuran kelas 4 SDN Kepuh Kiriman 1 Waru dengan nilai signifikansi ( 2-tailed ) sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya H 0 ditolak dan H a diterima. Selain itu juga dibuktikan pada nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 81,04 sedangkan siswa kelas kontrol 66,46, dimana rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Keywords


@mimay12

References


Alawiyah, A., Sukron, J., & Firdaus, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Times Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1 SE-), 69–82. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.188

Andrew Fernando Pakpahan, Adhi Prasetio, E. S. N., Kasta Gurning, Risanti Febrine Ropita Situmorang, T., Parlin Dony Sipayung, Ayudia Popy Sesilia, P. P. R., Bonaraja Purba, Muhammad Chaerul, I. Y., & Valentine Siagian, G. A. J. R. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah.

Annisah, S., & Masfi’ah, S. (2021). Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan, 1(1), 62–70.

Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/statistik/article/view/4322/4001

Firman, F., Nurmiati, N., & Nurfitrayani, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Kokami Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(1), 57–63. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i1.529

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079

Hariyanto, A. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) & Jigsaw Melalui Pendekatan Saintifik. Yogyakarta: Deepublish.

Haryanti, N., & Sulistio, A. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). In Eureka Media Aksara. Eureka Media Aksara.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Nasional, D. P. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Zitteliana, 19(8), 159–170.

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140.

OECD. (2023). OECD Economic Outlook, Volume 2023 Issue 1 (Issue June). https://www.oecd-ilibrary.org/economics/oecd-economic-outlook/volume-2023/issue-1_ce188438-en

Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM, Makassar.

Prasetya, I. W. S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Wordwall : Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction Undiksha, 4(3), 163–172. https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.63393

Prihatmojo, A., & Rohmani. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran “who am i.” In Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01).

Saleh, M. S., Syahruddin, S., Saleh, M. S., Azis, I., & Sahabuddin, S. (2023). Media pembelajaran.

Simeru, A., Natusion, T., Takdir, M., Siswati, S., Susanti, W., Karsiwan, Wawan, Suyani, K., Mulya, R., Friadi, J., & Nelmira, W. (2023). Model Model Pembelajaran.

Sukendra, I. K., & Atmaja, I. (2020). Instrumen penelitian.

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Sya’adah, U., Sutrisno, S., & Happy, N. (2023). Efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan kartu soal terhadap minat dan hasil belajar siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 147–158.

Zahro, U. F., Kuryanto, M. S., & Riswari, L. A. (2024). The Penerapan Model Tgt Berbantuan Media Gaull (Game Edukasi Wordwall) Untuk Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/emteka.v5i1.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4569

Article Metrics

Abstract view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.