PERAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH DASAR PESANTREN ASSHIDDIQIYAH

Qisti Khaulani, Lukman Nulhakim, A. Syachruroji, M. Taufik

Abstract


Pendidikan karakter diperlukan untuk menumbuhkan kepribadian siswa terutama karakter religius yang merupakan prioritas nilai utama dalam pedoman penguatan karakter pendidikan siswa.  Dalam hal ini sekolah memiliki peran penting dalam membentuk karakter religius siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan sekolah agar mencapai tujuan pendidikan dengan karakter yang baik yaitu sekolah optimal dalam melaksanakan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses budaya sekolah dalam pembentukan karakter religius siswa, mengetahui bagaimana karakter religius siswa dan mengetahui bagaimana peran budaya sekolah dalam membentuk karakter religius siswa di Sekolah Dasar Pesantren Asshiddiqiyah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Narasumber pada penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, wali kelas 1 dan wali kelas 5 serta guru tahfidz kelas 1 dan guru tahfidz kelas 5 Sekolah Dasar Pesantren Asshiddiqiyah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi terus terang atau tersamar, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman (1984) diantaranya reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan budaya sekolah (budaya membaca Al-Quran, budaya shalat berjamaah, dan budaya bersalaman) dapat membentuk karakter religius siswa Sekolah Dasar Pesantren Asshiddiqiyah.


Keywords


Budaya Sekolah, Karakter Religius

References


Abdurrahman, S. & Suparti, S., (2023). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Peserta Didik, Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran.

Azis, A. & Muhammad, S., (2023). Budaya Sekolah untuk Penguatan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar, CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan.

Effendi. (2016). Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMP IT Alam Nurul Islam. Yogyakarta: State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Fauziah dkk., (2021). Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa SDN 3 Klangen, Prosiding dan Web Seminar (Webinar) “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0.

Fitriani, D.I. & Fitroh, H., (2020). Penerapan Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Sekolah Menengah Atas, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia.

Hikmawati, F., (2020). METODE PENELITIAN. Depok: RajaGrafindo Persada

Ilyas, M., (2021). Hadis Tentang Keutamaan Shalat Berjamaah, Jurnal Riset Agama.

Nasution, A.F., (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Bandung: CV. Harfa Creative.

Putri dkk., (2021). Identifikasi Hambatan Belajar Mahasiswa Universitas Sriwijaya Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran.

Sofannah dkk., (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah, JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan.

Silkyanti, F., (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Edcation Journal.

Sulaeman, D., (2020). Disiplin: Sikap Dan Perilaku Taat, Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business.

Susiani. (2023). Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Kelas VII. 1 SMP Negeri 1 Parepare. Parepare: IAIN Parepare.

Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.

Zulfida, S. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Buku Ajar. Sleman Yogyakarta: Sulur Pustaka, Stain Sar Press.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4737

Article Metrics

Abstract view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.