PENGARUH MODEL BAMBOO DANCING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF IPA SISWA KELAS V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Bamboo Dancing berbantuan media Wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Metode penelitian ini berupa Quasi Eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 42 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen tes berupa lembar tes hasil belajar ranah kognitif dengan bentuk uraian (essay) yang berjumlah 5 soal pada materi memakan dan dimakan. Instrumen non tes berupa lemabr pengamatan aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan uji Independent sampel t-test, effect size dan persentase aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) adanya perbedaan hasil belajar ranah kognitif siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing berbantuan media Wordwall dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan Nilai Sig (-2 tailed) 0,002 < 0,05 ; (2) model pembelajaran Bamboo Dancing berbantuan media Wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kogitif siswa kelas V sebesar 1,035 kriteria tinggi; (3) aktivitas siswa pada pembelajaran Bamboo Dancing berbantuan media Wordwall sebesar 82,14% kategori sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Bamboo Dancing berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar ranah kognitif IPA siswa kelas V SD.
Keywords
References
Dewayani, E. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing (tari bambu) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan teks faktual ilmiah di kelas xii mipa 2 sma negeri 2 Pekanbaru. PEKA, 5(2), 161-171
Edyyanto, R. (2019). Peningkatan kerjasama dan hasil belajar kognitif mata pelajaran ipa dengan metode outdoor study. Basic education, 8(8), 786-794.
Kastia, L., Sahputra, R., & Saputra, E. F. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Vi Sdn 11 Nanga Pinoh. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 17-23.
Moko, S. N. A. (2022, January). Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. In prosiding seminar nasional pendidikan dasar.
Murdani, E., Febriandi, W., Utama, E. G., & Yanti, L. (2024b). PENGARUH MODEL CTL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPAS KELAS V SDN 24 SINGKAWANG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5968-5977.
Murdani, E., Sumarli, S., Utama, E. G., & Hidayat, H. (2024a). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Ipa Siswa. Eduproxima (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA), 6(4), 1583-1593
Novela, Moli, Amrul Bahar, and Hermansyah Amir. 2017. “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Index Card Match Dan Bamboo Dancing.” Alotrop 1 (2): 126.
Pratama, D. F., & Widodo, A. (2023). Pengaruh model cakrainventory terhadap pemahaman hakikat sains aspek empiris Siswa Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 181-187.
Putri, C. M., Ysh, A. S., & Azizah, M. (2019). Implementasi Model Bamboo Dancing Berbantu Media Name Card dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 3(4), 316-323.
Ramadhan, F., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran Biologi REMAP STAD. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, 2(5), 610-615.
Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi pemahaman konsep belajar IPA siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran inkuiri dengan metode gallery walk (sebuah studi literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69-76
Sarumaha, Murnihati. "Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Kreativitas Siswa." Jurnal Ilmiah Aquinas 4.1 (2020): 15-37.
Setyowati,R., Sumarli. S., & Nurdiah, N. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 3 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 4(2), 123-128.
Sofiasyari, I., & Yuliyanto, A. (2023). Pemahaman Konsep Peserta didik Melalui Penerapan Model Bamboo Dancing. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 747-761.
Supriyanti, M. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik tari bambu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v dalam mata pelajaran ipa SDN 3 sesela tahun ajaran 2015/2016 (doctoral dissertation, universitas mataram).
Turohmah, F., Mayori, E., & Sari, R. Y. (2020). Media pembelajaran Word Wall dalam meningkatkan kemampuan mengingat kosa kata bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 13-19
Utariasih, L. J., Jampel, I. N., & Murda, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Bermediakan Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 2(3), 120-127.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4745
Article Metrics
Abstract view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.