DESAIN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS GENIALLY PADA MATA PELAJARAN IPAS: STUDI PADA MATERI ALAT GERAK MANUSIA UNTUK FASE C

Santi Kurnia Dewi, Oktaviani Adhi Suciptaningsih, Siti Mas’ula

Abstract


Dalam konteks Kurikulum Merdeka, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) tidak hanya berfungsi untuk mentransmisikan pengetahuan, tetapi juga menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif melalui pendekatan kontekstual dan berbasis pengalaman. Salah satu materi penting dalam IPAS untuk fase C (Kelas VI SD) adalah alat gerak manusia yang mengintegrasikan pemahaman struktur tubuh dengan fungsi fisiologis serta kebiasaan hidup sehat. Namun, permasalahan utama yang dihadapi pada pembelajaran IPAS di salah satu SD yang berada di wilayah Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep organ gerak dan fungsinya yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Hal ini disebabkan adanya keterbatasan media yang digunakan guru dalam menjelaskan materi yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain bahan ajar digital berbasis Genially pada mata pelajaran IPAS materi alat gerak manusia untuk siswa kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian guru dan siswa kelas VI di salah satu SD wilayah Kecamatan Pasrepan. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Genially dalam desain bahan ajar IPAS meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep alat gerak manusia, serta memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan.

Keywords


Genially, Bahan Ajar Digital, IPAS, Alat Gerak Manusia, Fase C

References


Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat SD. MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267

Aprilia, I. N., Sundari, F. S., & Wijaya, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Genially Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Tajur 1 Bogor. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 243–249. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.83564

Ayuningtyas, G., Bilqis, N. M., Permatasari, A. D., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Genially Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2404–2407. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3697

Dinata, N. A., Hidayat, T., Makmun, & Mustamiroh. (2025). Pengembangan Callytikya Berbasis Canva dan Genially Sebagai Media Pembelajaran IPAS di Kelas V Sekolah Dasar. TUNAS: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 56–68. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/tunas.v2i1

Fatma, N., & Ichsan. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Genially Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD Muhammadiyah. Genderang Asa: Journal Of Primary Education, 3(2), 50–59. https://doi.org/10.47766/ga.v3i2.955

Hasnanto, A. T., & Kholifah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Materi Organ Gerak Manusia Berbasis Adobe Flash Cs3 Kelas V SD / MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 69–82. https://doi.org/10.3390/su12104306

Hidayati, A. D. P., Huriawati, F., & Supadmiati. (2025). Implementasi Media Pembelajaran Game Kuis dengan Website Genially Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 135–146. https://doi.org/10.35931/am.v9i1.4010

Muharromah, S., & Sartika, S. B. (2025). Effectiveness of Genially Website As A Science Learning Media On The Earth and Solar System Topic. Jurnal Pena Sains, 12(1), 21–29. https://doi.org/10.21107/jps.v12i1.28361 21

Mutiara, D., & Sutisna, A. (2024). Pengembangan Media Berbasis Genially Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka pada IPAS Kelas V SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(03), 339–353. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.4574

Putri, N. A., Anwar, W. S., & Gani, R. A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Genially Pada Kelas III Materi Apakah Semua Hewan Sama. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 231–239. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.20714

Satryawati, E., Rohim, A. A., & Sopian, A. (2022). Aplikasi Pembelajaran Sistem Gerak Manusia Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Elektro & Informatika Swadharma (JEIS), 02(02), 70–80. https://doi.org/https://doi.org/10.56486/jeis.vol2no2.233

Shalimar, A. K., & Rukmana, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Solving Menggunakan Aplikasi Genially Pada Materi Bangun Datar Kelas V. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 12(2), 272–290. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jp2sd.v12i2.34632

Wadud, A. J., & Lailiyah, S. (2024). Pengaruh Media Ular Tangga Berbasis Genially terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Risit HOTS Pendidikan Matematika, 4(June), 500–511. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1579

Wibowo, W. S., Rahmawati, L., Maryanto, A., & Nurohman, S. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Canva for Education Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru IPA Dalam Mendesain dan Memproduksi Media Pembelajaran di Era Digital. Surya Abadimas, 7(4), 585–595. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i4.2547

Yolanda, A., Santa, & Indriani, R. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Genially pada Materi Norma dalam Adat Istiadat Daerahku. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 6244–6251. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9137.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4754

Article Metrics

Abstract view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.