ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SEKOLAH DASAR
Abstract
References
Aulia, D. U., & Usman, H. (2023). Analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan bahan ajar lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) IPA berbasis Liveworksheet dengan model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(3), 156–165. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i3
Ariyani, O. B., Renata, R., Wardoyo, R. P., Marini, A., & Yunus, M. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pembelajaran IPS dI SD. Jurnal Penelitian Multidisiplin Terpadu, 8(12).
Fauzie, D. F., Komariah, & Furnamasari, Y. F. (2023). Pengembangan e-book interaktif anti korupsi melalui kegiatan P5 pada siswa sekolah dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(4), 1–18. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.1961
Fitri, A. A., Trianingsih, M., Ifadha, R. D., Marini, A., & Yunus, M. (2025). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 99-106. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.1848
García-Alberti, M., Suárez, F., Chiyón, I., & Mosquera Feijoo, J. C. (2021). Challenges and experiences of online evaluation in courses of civil engineering during the lockdown learning due to the COVID-19 pandemic. Education Sciences, 11(2), 59. https://doi.org/10.3390/educsci11020059
Hasnanto, A. T., & Kholifah, N. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif IPA materi organ gerak manusia berbasis Adobe Flash CS3 kelas V SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1). https://doi.org/10.3390/su12104306
Hidayatullah, A., Artharina, F. P., Sumarno, & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan aplikasi Canva pada pembelajaran di sekolah dasar. Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 943–947. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4823
Lalita, A. C., Usman, H., & Wardhani, P. A. (2024). Analisis kebutuhan media pembelajaran buku interaktif dalam muatan pembelajaran SBdP. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 30(1), 74–83. https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.56919
Muliastrini, E. (2019). Penguatan literasi baru (literasi data, teknologi, dan SDM/humanisme) pada guru-guru sekolah dasar dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Dalam Prosiding STKIP Agama Hindu Amlapura. STKIP Agama Hindu Amlapura.
Mustofa, Z., & Hakim, L. (2024). Pemanfaatan e-book sebagai bahan ajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri Satu Atap 6 Menthobi Raya Kabupaten Lamandau. Journal Syntax Idea, 6(10), 1–18.
Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Pembelajaran STEAM di sekolah dasar: Implementasi dan tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), Artikel e2388. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using learning media to increase learning motivation in elementary school. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Putri, A. K., Wardhani, P. A., & Usman, H. (2024). Augmented reality berbasis project based learning untuk pembelajaran IPA SD kelas IV. Journal of Banua Science Education, 4(2), 8–17. https://jbse.ulm.ac.id/index.php/JBSE
Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-book interaktif materi siklus air pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180
Setiawan, D. F., Yunus, M., Kusumawardhana, B., & Wuryandini, E. (2022). Assessment In The New Paradigm Learning. In Proceeding International Conference on Digital Education and Social Science (Vol. 1, No. 1, pp. 106-113). https://doi.org/10.55506/icdess.v1i1.16
Surmilasari, N., Marini, A., & Usman, H. (2022). Creative thinking with STEM-based project-based learning model in elementary mathematics learning. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 434–443. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i2.17002
Ulfa, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Usman, H., Arsyafa, F., Aunurrahim, M., & Yulianingsih, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-Flashcard berbasis website untuk pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Jurdikbud), 2(3), 349–357. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jurdikbud
Usman, H., Nurhasanah, N., & Siregar, Y. E. Y. (2023). The use of Canva application to developing integrated language skills teaching materials based on local wisdom. European Journal of Humanities and Educational Advancements (EJHEA), 4(10), 68–74. https://www.scholarzest.com
Ventrella, F. M., & Cotnam-Kappel, M. (2024). Examining digital capital and digital inequalities in Canadian elementary schools: Insights from teachers. Telematics and Informatics, 86, 102070. https://doi.org/10.1016/j.tele.2023.102070
Wahyudi, N. G., & Jatun. (2024). Integrasi teknologi dalam pendidikan: Tantangan dan peluang pembelajaran digital di sekolah dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444–451. https://irje.org/index.php/irj
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4776
Article Metrics
Abstract view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.