PENGEMBANGAN DIORAMA AIR ENERGI LISTRIK (DIOSTRIK) BERBASIS STEM PADA MATERI SIKLUS AIR DALAM MENINGKATKAN SELF REGULATED DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Muchamad Rizal Ilham Pratama, Mohammad Fatih, Ragil Tri Oktaviani

Abstract


Peneltian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan alat atau media pembelajaran Diostrik (Diorama Air Energi Listrik) berbasis STEM materi siklus air hujan kelas 5 SDN Modangan 5 Kabupaten Blitar. Dengan latar belakang (1) kurangnya pemahaman peserta didik yang mempunyai tipe.belajar psikomotorik dalam memahami sebuah materi, (2) peserta didik kurang aktif dalam menanggapi materi di kelas, (3) kurangnya media pembelajaran pada mata pembelajaran IPAS. Penelitian ini menerapkan metode berupa Research.and.Development. menerapkan model pengembangan milik Borg and Gall, yang mempunyai sepuluh tahapan, karena adanya pembatasan penelitian maka peneliti hanya mengambil tujuh langkah. Hasil penelitian membuktikan bahwa diostrik patut dugunakan dalam.pembelajaran IPAS berdasarkan validasi dari pakar materi, pakar media, serta kelayakan masukan dari guru. Selain itu media ini terbukti meningkatkan pemahaman peserta didik dalam memahami mata pelajaran siklus.air terutama self regulated dan literasi sains siswa dibuktikan dengan presntase nilai pra pembelajaran dan pasca pembelajaran yang meningkat.Penghitungan nilai tersebut dilakukan dengan uji T-Test berupa paired t-test dengan masing-masing mendapatkan skala sig-2 tailed dengan presentase 0.000 berdasarkan dengan landasan berupa keputusan jika nilai signifikansi- 2 tailed < 0,05.dapat diartikan terdapat. peningkatan slef regulated dan literasi sains siswa 

Keywords


Diostrik; siklus air; self regulated; literasi sains; kelas 5

References


Anjelika, Mohamad F, Cindya A, (2024)Pengembangan.E-Lkpd Berbasis Google Sites Materi Keragaman Budaya Untuk Meningkatkanself Effiacy Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar, Pendas Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 9, No.2

Fatih, (2023). Flip Book DigitalBerbasis Aughmented RealityMateri Balok dan KubusSiswa.Kelas.V SDNSumberjo.01 Kabupaten.Blitar. Briliant Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual.Vol.7NO.32023. .http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/770/523

Fatih, M., & Alfi, C. (2021). Pengembangan Monopoli Karakter BerbasisPermainan Simulasisebagai Upaya Peningkatan.Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 5(1), 51. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/315.

Fatih, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Saintifik berbasis Multimedia melalui Model Discovery Learning (Studi pada Tema Selamatkan Mahkluk Hidup Kelas 6 SDN Kepanjenkidul 2 Kota Blitar). JURNAL PENDIDIKAN: Riset & Konseptual, 2(2), 137149. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/42/44.

Fatih, M., Alfi, C., Santoso, E., & Novianti, R. D. (2022). Pengembangan Ensiklopedi Pembelajaran PKn Siswa Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(1), 112. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i1.467.

Fatih, M. (2023). Pengembangan Komik Narasi untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis dan Membaca Siswa Kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(3), 551. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1232

Fauziah, M., & Fatih, M. (2021). Pengembangan Media Interaktif Sparkol Videoscribe Sistem Pencernaan Manusia untuk Kelas V di SDN Damarwulan 1 Kabupaten Kediri. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(3), 596. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.697

Fadila, S., Putri, R., Fatih, M., & Alfi, C. (2024). Flashcard Berbasis Augmented Reality Materi Pecahan Melalui Team Games Tournament Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Sekolah Dasar. 10(4), 12221232.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633.

Lesmanawati, Yunita, D. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524532.

Latifa, D, Mohamad F, Cindya A, (2024)Penerapan permainan tradisional bakiak dan gobak sodor untuk menstimulus keterampilan sosial siswa. Jurnal Persada Volume VII. NO.1.20-29.

Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Metodik Didaktik, 18(2), 5464. https://doi.org/10.17509/md.v18i2.53304.

Maya, Fatih M, Cindya A. (2024). DESAIN RANDOM CARD BERBANTUAN WORDWALL MATERI TATA SURYA MELALUI PBL(PROBLEM BASED LEARNING)UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELASVI SDN SUMBERDIREN 01 KABUPATEN BLITAR. 8(4), 15881604. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4105.

Olyvia Firda Rizki Amanda, F. I. (2022). Pengembangan Media Rasi ( Diorama Siklus Air ) Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Siklus Air Siswa Kelas V Sekolah Dasar Abstrak. Jpgsd, 10, 16291639.

Pratiwi, Y. (2022). Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air Tanah pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Banaran 04. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10.

Rohmah, U. N., Ansori, Y. Z., & ... (2019). Pendekatan pembelajaran stem dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar , 471478. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/68%0Ahttps://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/68/69.

Rohmaini, L., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). PENDAHULUAN Pembelajaran matematika merupakan unsur yang sangat penting dalam pembelajaran di jenjang pendidikan dasar dan menengah . Proses pembelajaran matematika untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan tentunya harus memiliki fasilitas , materi , m. 5(September), 176186.

Yanti, Y. E., & Huda, M. (2023). Pengembangan Media Dasi (Diorama Siklus Air) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sd. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 3(1), 6674. https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2406.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4786

Article Metrics

Abstract view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.