REFLEKSI NILAI PANCASILA DALAM SIKAP DAN PERILAKU SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR INPRES NGEDUBHAGA
Abstract
Keywords
References
Afdal, A., Fajriati, Y., Mayasari, R., Nugroho, T. C., & Muhdar, A. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada pembelajaran PPKn kelas V di SD Negri 020 Samarinda Utara. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1),1-10. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12951
Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufik, M. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai pancasila melalui keteladanan dan pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK (Jurnal pancasila dan kewarganegaraan), 6(1), 1-10. https://doi.org/10.246269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10
Arrdhani, M. D., Utaminingsih, I., Ardana, I., & Fitriono, R. A. (2022). Implemetasi Nilai-Nilai pancasila dalam kehidupan Sehari-hari. Jurnal Gema Keadilan, 3(2) 1-12. https://doi.org/10.14710/gk.2022.16167
Aslika, B., Tyas, A. S. N., Wulandari, A. H., Maesaroh, B., & Yuriansyah, Y. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi peserta Didik di SDN 001/IV Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambosai, 5(3), 9449-9451. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2505
Beru, M. Y., Wonga, T. M., & Qondias, D. (2025). Pengembangan Media Papan Tokoh Untuk Pemahaman Karakter Perumus Pancasila Pada Siswa SDN HEDHAZITA. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(2), 169-180.
Bupu, T. M., (2023). Pemahaman Siswa terhadap Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 45-60.
Ciak, M. S., Susu, V. A. P., & Qondias, D. (2025). Media Papan Pintar Pancasila Sebagai Pembelajaran Bermakna untuk Internalisasi Nilai Pancasila Siswa Fase A SDN Koeloda. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(1), 66-75.
Khaerunisa, M S. J., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implemetasi Nilaia-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 19449-19451. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2505
Khaerunisa, S. J. M., Dewi, D. A., & Furnama Sari, Y. F. (2021). Implemetasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambosai, 5(3), 9449-9451. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2505
Munawir, & lailiyah, N. (2025). Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(1), 115-124. https://doi.org/10.5281/zenodo.1234567
Nasution, A. M. (2025). Implemetasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Melalui Pembelajaran PKN. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 12(12), 21-30. https://doi.org/10.19644/sindoro.v12i12.11214
Nurohmah, A. N., Rahma, D., Izzati, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 116–124. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.191
Pramistyasari, A. (2023). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Nilai-Nilai Pancasila menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 5 SD Sabdodadi Keyongan. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS 2(2), 37-50. https://doi.org/10.51878/social.v2i2.1391
Rabbani, N. U. H., Nugraha, M. A., Pramono, S. E., & Handayani, T. (2023). Implementing Pancasila Student Profiles In Elementary Schools. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(2), 10-24.
Rangkoly, S. A. (2024). Tingkat Pemahaman Siswa SD Terhadap Nilai-Nilai Pancasila Dalam kehidupan Sehari-hari. Cakrawala Ilmu Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 55-68. https://uswim.e-journal.id/cakrawalailmu/article/view/598
Rizkiyah, M., & Fatonah, S. (2024). Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam menanamkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7653-7667. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14370
Sari, L. N., Sarifah, I., & Yudha, C. B. (2024). Exploring Elementary School Student's Understanding and Experience of Pancasila Values in Using the TikTok application: A qualitative study. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(2), 160. https://doi.org/10.26418/jppkn.v5i2.79189
Shakila, A. I., Rachmayani, I., Aeni, K., & Azizah, W. A. (2023). Peningkatan Pemahaman Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Teks Cerita dan Kartu Pancasila dengan Model PBL Pada Peserta Didik kelas V SD Negri Blingijati. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2145-2155. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2210
Sihombing, A., Manik, R., & Silalahi, D. (2024). Bridging 21st-century Skills and Pancasila Values. JRREI: Journal of Research and Reflection on Education and Instruction, 2(1), 45–60.
Sihombing, H., Hutagalung, A., & Lukitoyo, R. (2021). Peran Kolaboratif Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(3), 123-135.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4822
Article Metrics
Abstract view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.