PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 94 SINGKAWANG

Deya Nanda, Dina Anika Marhayani, Lili Yanti

Abstract


 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan media Scrapbookdengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 94 Singkawang. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh media Scrapbook terhadap hasil belajar kelas eksperimen pada siswa kelas IV mata pelajaran IPAS di SDN 94 Singkawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 48 siswa kelas IV, yang terbagi menjadi kelas eksperimen (menggunakan media scrapbook) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitia ini adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis taitu uji t dua sampel untuk mengetahui rata-rata dan selanjutnya menggunakan effect size untuk melihat seberapa besar pengaruh media yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan media scrapbook dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di SDN 94 Singkawang dengan hasil perhitungan uji t yaitu t-hitung = 7,5227 >  nilai t-tabel = 2,00856. 2) Terdapat pengaruh media Scrapbook terhadap hasil belajar kelas eksperimen pada siswa kelas IV mata pelajaran IPAS di SDN 94 Singkawang. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan nilai Effect Size hasil belajar yaitu sebesar 1,08 yang berada pada kriteria Es > 0,8.

References


Arikunto, S. (2020). Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bum Aksara Bandung.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Rambe, J. A., Erika, E., & Purba, N. A. (2022). Pengaruh penggunaan media scrapbook terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pkn sekolah dasar islam terpadu. Jurnal Basicedu, 6(5), 7822-7830.

Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35-49.

Sari, I. P., Yuliantini, N., & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Iv Sd Gugus X Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 336-344.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Suhelayanti, dkk, (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Aceh: Yayasan Kita Menulis.

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4837

Article Metrics

Abstract view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.