INTEGRASI KETERAMPILAN SOSIAL DAN KETERAMPILAN EKOLOGIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui integrasi keterampilan sosial dan keterampilan ekologis mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPS SD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian survei.Sampel penelitaian adalah pada mata kuliah konsep dasar IPS SD yang berjumlah 108 mahasiswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan observasi. Berdasarkan data hasil dari jawaban angket siswa mencapai skor total 9339 dengan rata-rata 86,47. Dari perhitungan uji hipotesis ditemukan harga t hitung adalah -68,68. Harga tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga t tabel dengan dk= n – 1 = 108 – 1 = 107 dan taraf kesalahan (α) = 5% untuk uji satu pihak (one tail test) t tabelnya adalah 1,980, maka t tabel = 1,980 . Berdasarkan perhitungan uji hipotesis tersebut diperoleh harga t hitung lebih besar dari harga t tabel yaitu -68,58<1,980, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya integrasi keterampilan sosial dan keterampilan ekologis mahasiswa prodi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang kurang dari sama dengan 75% dari yang diharapkan.
Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Keterampilan Ekologis, Konsep Dasar IPS SD
Full Text:
PDFReferences
Goleman, D (2010) Ecological Intelligence : Mengungkap Rahasia di Balik Produk Yang Kita Beli. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama.
Jarolimek, J dan Parker W.C (1993) Social Studies Elementary Education. 9th.Ed. New York: Mac Milla Publishing Co.
Sapriya, (2012) Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Singarimbun, Masri & Effendi, Sofian. (2006). Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Sumaadmaja, Nursid. 2012. Metodologi Pengajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suprapto. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Buku Seru.
Stone M.K dan Barlow Z (2005) Ecological Literacy: Educating Our Children For A Sustainable World. Siera Club Book.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.484
Article Metrics
Abstract view : 305 timesPDF - 251 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.