ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN PENERAPAN MODEL GAME BASED LEARNING DI KELAS III SDN KALIABANG TENGAH VII

Ramdani Fauzidin Akbar, Zerri Rahman Hakim, Patra Aghtiar Rakhman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik dengan menerapkan model game based learning di III SDN Kaliabang Tengah VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perencanaan yang tepat berdampak terhadap tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sesuai dengan kemampuan peserta didik. peserta didik terlibat aktif dan memiliki antusias yang tinggi dalam pembelajaran matematika. Permainan yang dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga guru berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. motivasi belajar peserta didik terbukti meningkat sesuai dengan indikator motivasi belajar yang peneliti gunakan yaitu rajin mengerjakan tugas, tidak mudah menyerah, berpegang teguh pada pendapatnya, kuat dalam keyakinan dan senang memecahkan soal-soal.

Keywords


Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Peserta Didik Sekolah Dasar, Model Pembelajaran, dan Game Based Learning.

References


Aditya, M. N. (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Dengan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Buyung, dkk. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD 14 Semeperiuk A. JERR: Journal Of Educational Review and Research. Vol 5 No. 1, 46-51.

Dewi, S. S. (2018) Pengaruh Keaktifan Siswa Mengerjakan Tugas Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Perkappen Tandun Grup (YP2TG) Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mayasari, N. dan Alimuddin, J. (2023). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Banyumas: Rizquna.

Maulidina, M. A,. Dkk. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JINOTEP, Vol 4 No 2.

Nugraheni, G. W. (2022). Penerapan Pendekatan Game Based Learning Menggunakan Media Maze Game Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Di SDN Krenceng 1. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Oktavia, R. (2022). Game Based Learning (GBL) Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa. OSF Preprints.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistriani., Santoso, J., & Octaviani, S. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Elementary School Education, Vol. 1, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4859

Article Metrics

Abstract view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.